Sukses

Penduduk Desa Morotai Ditemukan di Hutan

Tim Evakuasi Pengungsi menemukan penduduk tiga desa di Pulau Morotai Utara yang kabur karena diserang orang tak dikenal. Sebagian warga terancam kelaparan karena tidak membawa bahan makanan.

Liputan6.com, Pulau Morotai: Tim Evakuasi Pengungsi menemukan penduduk tiga desa yakni dari Korago, Losuo, dan Pangeo, Kecamatan Morotai Utara, Maluku Utara, yang kabur ke hutan saat diserang kelompok tak dikenal pekan silam. Selama dua hari, tim itu menyusuri sepanjang tepi pantai Pulau Morotai Utara. Sebagian warga terancam kelaparan karena mereka tidak membawa harta benda atau bahan makanan saat melarikan diri.

Di antara para pengungsi terdapat ratusan anak dan belasan bayi. Mereka mengaku dalam keadaan sehat. Untuk bertahan hidup di tengah hutan, para pengungsi memakan buah-buahan maupun umbi-umbian yang ditemukan.

Kondisi keamanan di Morotai Utara kembali normal setelah penyerangan tiga desa. Meski demikian, para pengungsi menolak kembali tanpa jaminan keamanan. Mereka menyatakan, percuma pulang karena rumah dan harta benda yang dimiliki tidak tersisa karena dibakar orang. Camat Morotai Utara sekaligus Ketua Tim Evakuasi Ponsen Sarfa yang ikut dalam pencarian tersebut menyatakan, bantuan untuk pengungsi akan dikirim dalam waktu kurang dari 24 jam. Itu untuk menghindari ancaman kelaparan dan penyakit malaria.(COK/Aldrien Arief)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini