Sukses

Perebutan Kursi DPR di Jabar I Ketat

Sekjen PAN Hatta Radjasa berada di posisi kedua di bawah Rahmat Abdullah dari Partai Keadilan Sejahtera. Daerah pemilihan Jatim IX yang memperebutkan 11 kursi didominasi caleg Partai Kebangkitan Bangsa.

Liputan6.com, Jakarta: Perolehan suara sementara di daerah pemilihan (DP) Jawa Barat I yang memperebutkan enam kursi DPR terbagi rata. Menteri Negara Riset dan Teknologi Hatta Radjasa dari Partai Amanat Nasional berada di peringkat kedua di bawah Rahmat Abdullah dari Partai Keadilan Sejahtera. Hasil perolehan suara DPR dari Pusat Tabulasi Nasional Komisi Pemilu, Sabtu (10/4) siang, menyebutkan posisi ketiga ditempati Ruhut Poltak Sitompul dari Partai Golongan Karya. Dua caleg Partai Demokrat, yakni Daday Hudaya dan Agung Budi Santoso berada di urutan empat dan lima.

Daerah pemilihan Jawa Timur IX yang memperebutkan 11 kursi untuk sementara dikuasai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai pimpinan Alwi Shihab ini merebut empat kursi. Posisi pertama dan kedua ditempati muka lama, Effendi Choiri dan Taufiqurrahman Saleh. Satu-satunya caleg di luar PKB adalah Muhamamd Najib dari PAN di posisi empat. Sedangkan Bisjrie Abdul Djalil dan Masduki Baidlawi dari PKB bercokol di urutan tiga dan lima.

Kursi DPR untuk DP Jatim I juga didominasi caleg PKB. Khofifah Indar Parawansa dan Muhaimin Iskandar di urutan pertama dan ketiga [baca: Caleg Golkar Mendominasi Daerah Pemilihan Jabar VI]. Posisi kedua sementara diraih Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sutjipto dan Djoko Susilo dari PAN di tempat keempat.

Guruh Soekarnoputra dari PDIP untuk sementara di peringkat teratas perolehan suara DPR untuk DP Jatim VI. Adik Presiden Megawati ini mengungguli dua caleg PKB, Ali Masjkur Musa dan Imam Anshori Saleh, caleg dari PKB. Perolehan ini cukup mengejutkan karena menurut pantauan komunitas wartawan unit DPR, Guruh kerap absen selama lima tahun bertugas di DPR. Sejauh ini, DP Jatim VI yang meliputi Kediri, Blitar, dan Tulungagung dengan jatah sembilan kursi masih didominasi PKB.

Caleg PDIP juga berada di atas untuk DP Jawa Tengah I yang meliputi Semarang, Kendal, dan Salatiga. Peringkat pertawa di daerah yang memperebutkan delapan kursi DPR ini diraih Daniel Budi Santoso. Tempat kedua ditempati Arifin Junaidi dari PKB. Dua caleg Partai Golongan Karya, yakni Renny Djayusman dan K.H. Achmad Daroji berada di posisi tiga dan empat.

Untuk DP Sumatra Utara II yang juga memperebutkan sembilan kursi, sementara dikuasai Golkar. Caleg Beringin, Rambe Kamaruzzaman dan Feriasti Megananda di peringkat pertama dan kedua. Posisi tiga dan empat ditempati caleg PDIP, Irma Hutabarat dan pengacara Trimedya Panjaitan. DP Sumut II, antara lain meliputi Samosir, Sibolga, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal.(DEN/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini