Sukses

Jusuf Kalla: Penembak di Poso Masih Misteri

Pemerintah belum dapat menduga pelaku dan motif kasus penembakan yang menewaskan tujuh warga itu. Satu satuan setingkat kompi polisi dikirim untuk menyelidiki kasus penembakan di Poso, Sulawesi Selatan.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Jusuf Kalla menyatakan, belum dapat menduga pelaku dan motif kasus penembakan di Poso, Sulawesi Tengah, Sabtu silam. Kalla memperkirakan, pelaku kabur ke hutan. "Itu [pelaku] sekelompok kecil yang kita tidak tahu," kata tokoh Deklarasi Malino itu di Jakarta, Senin (12/4).

Untuk menyelidiki kasus penembakan yang menewaskan tujuh warga itu, pemerintah mengirimkan satu satuan setingkat kompi polisi ke Poso [baca: Teror Kembali Melanda Poso, Tujuh Warga Ditembak]. Polri dan TNI juga menggiatkan penyisiran untuk mencari senjata api rakitan dan bahan peledak yang diduga masih beredar di masyarakat.

Sweeping dilakukan di sejumlah wilayah rawan seperti Poso Pesisir. Selama sebulan terakhir, di wilayah ini memang terjadi beberapa kasus penembakan yang memakan korban jiwa. Dalam kurun waktu tiga hari, polisi menahan pemilik senjata api rakitan beserta barang buktinya.

Penyisiran juga diarahkan untuk menemukan tempat persembunyian pelaku penembakan di Poso Pesisir, pekan silam [baca: Polisi Masih Memburu Penyerang Jemaat Pantekosta Poso]. Operasi yang akan digelar rutin ini juga untuk mengamankan pemilihan umum susulan di Poso.(ZAQ/Olivia Rosalia, Dwi Guntoro, dan Novi Handaru)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.