Sukses

Sikap Ketua BPK Disesalkan

Sejumlah anggota Komisi XI DPR akan memberikan dukungan politis kepada Khairiansyah untuk terus mengungkap korupsi di KPU. Orang seperti Khairiansyah justru diperlukan untuk mengungkap kasus korupsi.

Liputan6.com, Jakarta: Sikap Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Anwar Nasution disesalkan anggota Komisi IX DPR Rama Pratama. Anwar dinilai tidak mendukung Khairiansyah yang telah membantu pengungkapan kasus korupsi di Komisi Pemilihan Umum. Karena itu, Rama mengatakan, DPR akan memberikan dukungan politis kepada Khairiansyah untuk terus mengungkap korupsi di lembaga penyelenggara pemilu tersebut. "Kita tentu akhirnya tidak ingin meragukan komitmen BPK untuk memberantas korupsi, kan?" kata Rama Pratama di Jakarta, Jumat (15/4).

Ungkapan serupa disampaikan anggota Komisi XI DPR lainnya, Hafiz Zamawi. Menurut dia, sekarang ini justru diperlukan orang-orang yang berani mengungkap kasus korupsi. "Orang-orang yang berani melaporkan penyalahgunaan keuangan negara harus mendapat dukungan," ujar Hafiz.

Ketua BPK Anwar Nasution bersikukuh bahwa Khairiansyah, stafnya yang membongkar kasus dugaan korupsi di KPU telah melakukan tindakan yang menyalahi aturan internal BPK [baca: Anwar Nasution: Khairiansyah Menyalahi Prosedur Pemeriksaan]. Menurut Anwar, Khairiansyah harus diberi sanksi. Anwar terus menegaskan bahwa ia merasa dilangkahi karena Khairiansyah bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi tanpa seizinnya sebagai pimpinan lembaga. Menurut Anwar, apa yang dilakukan Khairiansyah tidak membuatnya sebagai pahlawan.(DEN/Aldi Yarman dan Erwin Arief)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini