Sukses

Tujuh Otak Kerusuhan Banggai Diburu

Tujuh tersangka sudah masuk dalam daftar pencarian orang. Bentrokan di Banggai Kepulauan menewaskan empat orang dan melukai belasan lainnya.

Liputan6.com, Banggai: Polisi masih mengejar tujuh tersangka otak kerusuhan di Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, dua hari silam. Mereka sudah masuk dalam daftar pencarian orang. Demikian informasi yang dirangkum SCTV di Banggai Kepulauan, Jumat (2/3).

Bentrokan menewaskan empat orang dan melukai belasan lainnya. Kerusuhan pecah setelah polisi berusaha menghalau ribuan warga yang memblokir dan menyegel Kantor Bupati Banggai Kepulauan [baca: Kota Banggai Berangsur Normal].

Benih kerusuhan di Banggai Kepulauan lahir saat pemerintah daerah berencana memindahkan Ibu Kota Banggai Kepulauan ke Salakan. Sebagian masyarakat menolak, lainnya menerima. Kubu yang pro mengatakan pemindahan harus dilakukan sesuai undang-undang. Pemindahan seharusnya juga sudah dilakukan pada 2004.

Sedangkan kubu yang kontra mengatakan pemindahan adalah rekayasa. Alasannya pasal 11 yang mengatur pemindahan ibu kota muncul tiba-tiba. Alasan lain: kelengkapan infratruktur di Banggai lebih memadai dibandingkan di Salakan. Selain itu pemindahan juga harus berlandasakan peraturan pemerintah.

Secara geografis, Banggai Kepulauan masuk ke dalam Provinsi Sulteng. Letaknya di sebelah timur Ibu Kota Palu. Satu-satunya cara untuk mencapai ke tempat ini adalah dengan kapal laut.(ICH/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.