Ibu Ani Yudhoyono Meluncurkan Mobil Pintar

Mobil pintar adalah perpustakaan berjalan yang dilengkapi buku dongeng dan perangkat pemutar film pendidikan. Perpustakaan itu untuk menjangkau anak-anak di permukiman yang minim sarana pendidikan.

oleh Liputan6 diperbarui 18 Mei 2005, 13:29 WIB
Liputan6.com, Jakarta: Ibu Negara Ani Yudhoyono ternyata pintar mendongeng. Buktinya, ratusan murid sebuah sekolah dasar di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (18/5), begitu antusias mendengar Ani Yudhoyono bercerita tentang Kisah Annisa. Di ujung cerita, ia pun mahir memainkan boneka tangan menggambarkan sosok Annisa yang gemar berbohong.

Kegiatan itu adalah bagian dari acara peresmian mobil pintar, yaitu sebuah kendaraan yang dimodifikasi menyerupai perpustakaan. Dalam sambutannya, Ani Yudhoyono mengatakan untuk meningkatkan minat baca bisa dilakukan dengan cara menjemput bola. Salah satunya menggunakan sistem perpustakaan berjalan. Mobil itu dilengkapi alat permainan, komputer, dan perangkat untuk memutar film tentang pendidikan.

Rencananya tujuh buah mobil pintar akan diluncurkan di Jakarta. Untuk peluncuran perdana baru empat unit yang sudah digunakan sedangkan sisanya menyusul akhir Juni mendatang. Perpustakaan berjalan itu diharapkan bisa menjangkau penduduk di kawasan permukiman padat yang dinilai minim alat peraga pendidikan.(KEN/Cindy Agustina dan Zakaria)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya