Perang Bola Api ala El Salvador

Warga Nejapa, El Salvador memperingati peristiwa letusan gunung berapi dengan menggelar Bolas de Fuego. Sekitar 200 pemuda diberi bola kain berapi yang sebelumnya direndam bensin selama tiga bulan.

oleh Liputan6 diperbarui 08 Sep 2005, 00:45 WIB
Liputan6.com, Nejapa: Warga El Salvador menggelar Festival Bolas de Fuego atau perang bola api di Kota Nejapa, baru-baru ini. Festival ini dilakukan karena terinspirasi gunung berapi di dekat Nejapa yang meletus 83 tahun silam. Ajang ini juga sekaligus sebagai penghormatan kepada Santo Jeronimo yang dikenal sebagai pelindung kota. Konon, Santo Jeronimo melawan setan dengan melemparkan bola api.

Acara perang bola api dimulai dengan melepaskan torito pinto, boneka banteng dari kertas yang diberi petasan dan kembang api. Warga yang nekat kemudian mengambil torito pinto dan menaruh di atas kepala kemudian dibawa berkeliling.

Setelah itu, Bolas de Fuego dimulai. Sekitar 200 pemuda kota yang dibagi menjadi dua tim diberikan bola kain berapi yang sebelumnya direndam dalam bensin selama tiga bulan. Bola kain tersebut sebesar telapak tangan. Sedangkan peserta perang bola api biasanya menggunakan sarung tangan. Kedua tim mulai bertarung dengan saling melempar bola api ke pihak lawan. Para peserta tak takut mendapat luka serius karena perang ini biasanya hanya menyebabkan luka bakar ringan.(DNP/Yes)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya