Belasan Kilang Minyak di Texas Ditutup

Penutupan ini berkaitan dengan ancaman topan Rita yang bakal menyerang Negara Bagian Texas, AS. Ditutupnya belasan kilang yang merupakan 23 persen sumber minyak negara itu diperkirakan membuat harga minyak dunia semakin membubung tinggi.

oleh Liputan6 diperbarui 23 Sep 2005, 10:14 WIB
Liputan6.com, Houston: Dari Amerika Serikat dilaporkan, sejumlah kilang minyak di Negara Bagian Texas, telah ditutup sejak Rabu (21/9) malam waktu setempat. Selain menutup kilang minyak, pihak perusahaan juga mengevakuasi para pekerjanya, sebelum kedatangan topan Rita di wilayah itu.

Menurut Badan Administrasi Informasi Energi Amerika (EIA), setidaknya 18 kilang minyak atau sekitar 23 persen kapasitas kilang minyak AS terancam hantaman topan Rita. Kondisi ini diperkirakan bakal membuat semakin tingginya harga bahan bakar minyak di AS serta di seluruh dunia. Sebelumnya, harga minyak mentah dunia sempat melonjak disebabkan terjangan topan Katrina, yang menghancurkan kilang minyak di dua negara bagian, yakni Louisiana dan Mississippi.

Sementara itu, penduduk Texas dan Louisiana juga sudah meninggalkan tempat tinggal mereka sejak kemarin. Antrean panjang kendaraan masih terlihat di jalan-jalan utama serta ruas jalan bebas hambatan di Kota Houston, Texas. Kekuatan topan Rita diperkirakan segera menerjang daratan di sekitar Teluk Meksiko dengan angin berkecepatan 241 kilometer per jam .(ADO/Yes)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya