Rombongan SBY Tiba di Helsinki

Rombongan SBY tiba di Helsinki, Finlandia, untuk menghadiri KTT ke-38 Asia-Eropa. Dalam upacara pembukaan, Presiden Yudhoyono akan membawakan pidato sambutan bertema dialog antarbudaya.

oleh Liputan6 diperbarui 10 Sep 2006, 08:56 WIB
Liputan6.com, Helsinki: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan rombongan tiba di Helsinki, Finlandia, Ahad (10/9) dini hari. Rencananya SBY akan hadir bersama para pemimpin dari 25 negara Eropa dan 12 negara Asia lainnya untuk mengikuti pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi ke-38 Asia-Eropa. KTT ini diikuti oleh 38 negara dari Asia dan Eropa, termasuk salah satunya perwakilan Uni Eropa (UE).

Dalam upacara pembukaan yang akan dibuka hari ini, Presiden Yudhoyono akan membawakan pidato sambutan bertema dialog antarbudaya. Selain dialog antarbudaya, kerjasama di bidang politik dan ekonomi merupakan salah satu pilar utama pertemuan dua tahunan ini.

Kemarin, para pemimpin Asia juga tiba di Helsinki. Pertemuan pendahuluan telah dilakukan sejumlah delegasi, di antaranya Cina dan Korea Selatan, dengan pimpinan UE yang kini dipegang Perdana Menteri Finlandia Matti Vanhanen.

Presiden Korsel Roh Moo-hyun mensosialisasikan ide sistem keamanan multilateral di wilayah Asia Timur Laut. Sekaligus pandangannya tentang kebijakan nuklir dan uji coba rudal Korea Utara belum lama ini. Selain masalah keamanan di kawasan Semenanjung Korea dan perkembangan terakhir krisis nuklir Iran, penerapan perdagangan bebas Asia dan UE juga akan menjadi topik bahasan utama.

Dalam penerbangan sempat diadakan perayaan ulang tahun SBY yang jatuh 9 September. Presiden yang genap berusia 57 tahun berterima kasih atas perayaan ini. SBY berharap perayaan membawa berkah bagi semua dan bisa meningkatkan kerjasama bagi semua pihak di masa datang.(MAK/Miko Toro)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya