KTT ASEM Dibuka

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi koordinator wilayah ASEAN dalam KTT keenam ASEM. KTT ASEM kali ini membahas pengembangan kerja sama dalam menghadapi ancaman terorisme internasional.

oleh Liputan6 diperbarui 10 Sep 2006, 20:32 WIB
Liputan6.com, Helsinki: Konferensi Tingkat Tinggi keenam Asia Eropa (ASEM) akan dimulai di Helsinki Fair Centre, Finlandia, Ahad (10/9) petang. Sebanyak 25 pemimpin negara anggota Uni Eropa dan 13 negara Asia dijadwalkan menghadiri pertemuan ini. Salah satunya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menjadi koordinator wilayah ASEAN [baca: Rombongan SBY Tiba di Helsinki].

Ada empat hal yang betul-betul dibahas dalam ASEM kali ini. Yaitu menggembangkan kerja sama dalam menghadapi ancaman terorisme internasional, meningkatkan dialog antarbudaya, dan mengembangkan pembangunan yang ramah lingkungan. Dibahas pula peningkatan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan.

Sebelumnya Presiden Yudhoyono menyempatkan diri bertemu dengan Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso. Begitu pula negara anggota ASEM lainnya melakukan pertemuan bilateral. Di antaranya Cina-Finlandia dan Filipina-Jepang.

Namun sehari sebelum KTT ASEM dibuka, ratusan pengunjuk rasa turun ke jalanan Kota Helsinki. Mereka menentang perang di Irak, Lebanon, dan Afghanistan. Demonstran juga menentang kapitalisme global jenis baru. Yakni menuntut orang bekerja keras, namun hanya mendapat imbalan upah yang minim.

Unjuk rasa pada awalnya berjalan tertib. Namun setelah beberapa pengunjuk rasa menembakkan pistol air ke polisi, demontrasi berlangsung ricuh. Tak jarang terjadi baku hantam antar polisi dengan demonstran. Polisi pun menangkap sejumlah pengunjuk rasa yang diduga sebagai biang keributan.

Walau keributan kemarin dapat diatasi, tak membuat pengamanan di sekitar Helsinki kendor. Pihak keamanan justru lebih waspada dalam menjaga sekitar lokasi ASEM.(DNP/Tim Liputan 6 SCTV)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya