Festival Tradisi Lisan Nusantara Digelar

Festival Tradisi Lisan Nusantara diselenggarakan untuk menjaga tradisi yang selama ini dilupakan serta nyaris punah. Minimnya anggaran membuat sedikit daerah yang ikut berpartisipasi.

oleh Liputan6 diperbarui 04 Des 2006, 08:30 WIB
Liputan6.com, Jakarta: Festival Tradisi Lisan Nusantara kembali digelar di Jakarta, belum lama berselang. Acara ini dipentaskan untuk menjaga tradisi yang selama ini telah dilupakan oleh sebagian masyarakat Indonesia, bahkan nyaris punah.

Salah satu tradisi yang ditampilkan adalah Dalang Jemblung dari Purwokerto, Jawa Tengah. Yakni teater rakyat yang dimainkan satu sampai enam orang. Seorang pemain menjadi pesinden, sedangkan pemain lainnya menjadi penabuh gamelan. Cerita yang diangkat biasanya legenda atau sejarah yang menggambarkan masalah sosial dalam masyarakat.

Dalang Jemblung sebagai drama sosial digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan masyarakat melalui cerita yang dikemas sangat sederhana sehingga mudah dipahami. Sebenarnya tradisi lisan di Indonesia sangat beragam. Namun, karena minimnya anggaran dalam acara ini menyebabkan hanya sedikit daerah yang berpartisipasi.(BOG/Taufik Maru)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya