Perusahaan Belanda Memproduksi Kapal Selam Mini

C-Quester Uboat bisa menyelam hingga kedalaman 50 meter di bawah air. Kapal selam mini ini juga dilengkapi sistem darurat yang dikendalikan dengan sistem elektronik.

oleh Liputan6 diperbarui 03 Mar 2007, 01:13 WIB
Liputan6.com, Breda: Para pecinta kapal selam kini bisa segera memiliki kapal selam pribadi. Sebuah perusahaan yang berbasis di Breda, sekitar 130 kilometer sebelah selatan Amsterdam, Belanda, baru-baru ini, telah memasarkan sebuah kapal selam mini yang diklaim sebagai kapal selam pribadi pertama yang bakal diproduksi massal.

Kapal bermerek C-Quester Uboat. Kapal selam ini bisa menyelam hingga kedalaman 50 meter di bawah air. Kapal diklaim mempunyai persediaan udara hingga 36 jam dengan batere berdurasi dua setengah jam.

C-Quester juga dilengkapi sistem darurat yang dikendalikan dengan sistem elektronik. Bila kapal mengalami kesulitan di dalam air, sistem darurat akan memperingatkan sang pengendara atau secara otomatis mendorong kapal ke atas permukaan air. Namun mereka yang akan mengawaki C-Quester perlu berlatih selama empat hari sekaligus untuk mendapatkan sertifikat izin mengendarai kapal selam.

Kapal selam ini memang berukuran mini dengan panjang 2,8 meter dan ringan. Bahkan kapal bisa dipindahkan dengan cara ditarik mobil pick up. Kapal dibandrol US$ 82 ribu atau setara Rp 800 juta. Pihak pembuat yakin dengan berjalannya waktu mereka akan dapat menekan harga makin rendah hingga bisa dijangkau banyak orang.(ICH)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya