Buruh Mulai Membanjiri Ibu Kota

Para buruh dari Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi akan berunjuk rasa di Bundaran HI, Istana Merdeka, dan Gedung DPR/MPR. Dalam aksinya, para buruh menuntut revisi Undang-undang tentang Ketenagakerjaan.

oleh Liputan6 diperbarui 01 Mei 2007, 10:22 WIB
Liputan6.com, Jakarta: Sejumlah buruh mulai berdatangan ke Ibu Kota, Selasa (1/5) pagi, untuk memperingati Hari Buruh Dunia. Mereka datang menggunakan bus dan kendaraan roda dua. Para buruh yang datang dari berbagai daerah seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi akan berunjuk rasa di Bundaran Hotel Indonesia, Istana Merdeka, dan Gedung DPR/MPR.

Dalam aksinya, para buruh menuntut revisi Undang-undang tentang Ketenagakerjaan. Para tenaga kerja juga juga mempertanyakan nasib mereka. Adapun tema aksi Hari Buruh Dunia tahun ini mengangkat penegakan hukum terkait banyak pelanggaran normatif ketenagakerjaan yang dilakukan pengusaha [baca: Buruh Turun ke Jalan Memperingati May Day].

Ribuan buruh dari Bogor berangkat ke Jakarta menggunakan sekitar 20 truk dan puluhan kendaraan roda dua. Para buruh ini berasal dari wilayah Kabupaten Bogor yang tergabung dalam tiga organisasi yakni Persatuan Pekerja Muslim Indonesia, Serikat Pekerja Nasional, Gabungan Serikat Pekerja Indonesia. Selama perjalanan, para buruh dikawal polisi.

Sementara itu ribuan buruh dari berbagai daerah di Tangerang berangkat menggunakan puluhan bus dan truk menuju ke Jakarta. Para buruh berasal dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Sandang Pangan, dan Aliansi Serikat Buruh Indonesia. Sebagian para buruh bergerak ke Gedung Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi.(JUM/Tim Liputan 6 SCTV)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya