Mengisi Liburan dengan Bermain Bola Api

Anak-anak di sebuah perumahan di Kota Manado dalam dua tahun terakhir terbiasa mengisi liburan dengan bermain sepakbola api. Bola berasal dari kelapa tua yang direndam minyak tanah dan dibakar.

oleh Liputan6 diperbarui 18 Okt 2007, 09:31 WIB

Liputan6.com, Manado: Mengisi liburan sekolah bisa dengan bermacam-macam kegiatan. Bagi anak-anak di perumahan Wale Wangun Umbanua, Pal Dua Manado, Sulawesi Utara, belum lama ini, liburan mereka diisi dengan bermain sepakbola api.

Bola yang digunakan berasal dari kelapa tua yang direndam minyak tanah dan kemudian dibakar. Setelah kelapa dipenuhi api, permainan pun berlangsung. Permainan baru bisa dlaksanakan hanya di malam hari agar bola lebih terlihat jelas.

Aturan mainnya sama dengan permainan bola kaki biasa. Ada bola keluar, tendangan penjuru, tendangan bebas, penalti, dan peraturan lainnya. Bola yang menyala-nyala dan diperebutkan
anak-anak dalam kegelapan membuat permaian menjadi menarik. Uniknya, tak ada yang memakai sepatu sehingga bola tidak bisa lama digiring. Permainan baru berakhir jika api dalam bola sudah padam.

Tak hanya anak-anak, sebagian orangtua juga tak ingin ketinggalan menyaksikan permainan ini. Bola api mulai dimainkan anak-anak perumahan tersebut sejak dua tahun terakhir. Permainan ini marak di saat musim liburan sekolah.(YNI/Aldrien Arief)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya