Susu Kambing Etawa, Termahal di Indonesia

Susu kambing etawa memiliki khasiat manjur karena tidak mengandung kolesterol. Harganya bisa mencapai Rp 30 ribu per liter.

oleh Liputan6 diperbarui 31 Jul 2008, 06:24 WIB

Liputan6.com, Pasuruan: Berawal dari kegemaran memelihara hewan ternak, Ismail, seorang peternak di Pasuruan, Jawa Timur, mencoba mengembangkan jenis kambing etawa. Beternak kambing etawa sudah dilakoni warga Kelurahan Purut ini sejak dua tahun lalu. Kambing ini memiliki badan lebih besar dan telinga lebih panjang dibanding kambing biasa.

Belum diketahui secara pasti mengapa dinamai kambing etawa. Namun, warga meyakini susu yang berasal dari kambing etawa memiliki khasiat manjur karena tidak mengandung kolesterol.

Untuk dapat menghasilkan susu yang sempurna, setiap hari kambing-kambing Ismail diberi makan sari kedelai, daun-daunan, serta vitamin agar kesehatan ternaknya selalu terjaga. Dari 50 ekor kambing etawa miliknya, Ismail memperoleh hampir 60 liter susu setiap hari.

Masih terbatasnya para peternak kambing ini membuat susu etawa cukup mahal bila dijual. Harganya bisa mencapai Rp 30 ribu per liter. Meski demikian, setiap hari ada saja orang yang datang membeli hingga Ismail tak pernah susah mencari pembeli.(ADO/Dandy Arigafur)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya