Puluhan Artis Jadi Caleg PAN

Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir bahkan menargetkan 10 persen kursi yang diraih partainya akan diisi caleg artis. Wulan Guritno bersama sejumlah artis lain seperti Derry Drajat dan Eko Patrio terdaftar sebagai calon sementara anggota legislatif PAN.

oleh Liputan6 diperbarui 06 Agu 2008, 18:30 WIB

Liputan6.com, Jambi: Artis rupanya tidak lagi sekadar menjadi polesan di panggung kampanye seperti masa Orde Baru. Kini sejumlah selebritis beramai-ramai menjadi calon anggota legislatif melalui partai politik. Tengok saja aksi Wulan Guritno bersama sejumlah artis lain seperti Derry Drajat dan Eko Patrio yang terdaftar sebagai calon sementara anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional.

Keberhasilan Dede Yusuf dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat mungkin membuat partai berlambang matahari ini memberi tempat seluas-luasnya bagi para selebritis. Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir bahkan menargetkan 10 persen kursi yang diraih partainya akan diisi artis.

Kesempatan ini jelas tak ditampik para seleberitis. Seperti diakui Derry Drajat yang menjadi caleg dari daerah pemilihan Jabar II. Namun dia menegaskan publik tak perlu meragukan integritas artis sebagai caleg.

Selain di legislatif, deretan artis belakangan meramaikan ajang pilkada di berbagai daerah. Sebut saja aktor Primus Yustisio, Rano Karno, pedangdut Syaiful Jamil, dan Ayu Soraya. Akankah fenomena artis jadi politikus ini sekadar pemanis dan pendulang suara parpol semata?

Yang pasti rakyat tidak berharap sekadar dihibur dengan kehadiran mereka di lembaga eksekutif maupun legislatif. Apalagi kalau ternyata fenomena artis berpolitik ini karena rakyat butuh figur dan kepercayaan baru setelah kecewa pada para caleg yang sudah lama menjadi kader parpol.(TOZ/Juanita Wiratmaja dan Achmad Harris)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya