Mahasiswa Tuntut Pelaku Tragedi Trisakti Diadili

Mahasiswa Trisakti dan universitas lain meminta pemerintah mengadili para pelaku Tragedi Trisakti 12 Mei. Dalam peristiwa tersebut empat mahasiswa Trisakti tewas ditembak.

oleh Liputan6 diperbarui 12 Mei 2009, 18:07 WIB
Liputan6.com, Jakarta: Ribuan mahasiswa Trisakti dan dari kampus lain memperingati 11 tahun tragedi penembakan Trisakti 12 Mei 1998 dengan berdemonstrasi di depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (12/5). Mereka meminta pemerintah mengadili pelaku penembakan mahasiswa pada tragedi 11 tahun silam tersebut.

Namun, keadilan bagi para korban Trisakti nampaknya masih harus menempuh jalan panjang. Anggota DPR periode lalu telah menyatakan tragedi Trisakti bukan pelanggaran hak asasi manusia berat. Anggota Dewan saat ini pernah meminta keputusan DPR sebelumnya dicabut. Setelah itu upaya penyelesaian kasus Trisakti tidak pernah lagi terdengar.

Peristiwa berdarah itu terjadi di Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat. Mahasiswa yang berdemo meminta Presiden Soeharto lengser. Sore harinya, terjadi penembakan yang diduga kuat berasal dari aparat. Empat mahasiswa tewas dalam peristiwa ini [baca: Tabur Bunga Memperingati Tragedi Trisakti].(YNI/Albert Ade)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya