Usai Debat Capres Perdana, Partai Garuda Ibaratkan Seperti Film yang Isinya Tak Perlu Dibicarakan Lagi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah selesai menggelar debat perdana calon presiden (capres) Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 pada Selasa 12 Desember 2023.

oleh Tim News diperbarui 13 Des 2023, 21:40 WIB
Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah selesai menggelar debat perdana calon presiden (capres) Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 pada Selasa 12 Desember 2023. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah selesai menggelar debat perdana calon presiden (capres) Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 pada Selasa 12 Desember 2023.

Ketiga pasangan capres sudah menyampaikan gagasannya dengan didampingi para calon wakil presiden (cawapres) yang juga duduk di atas panggung debat perdana tanpa bicara.

Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi pun mengibaratkan debat capres tersebut seperti film yang isinya tidak perlu lagi diperdebatkan. Karena, kata dia, yang terpenting adalah penilaian penonton terhadap film tersebut.

"Debat capres itu ibarat kita menonton film, kita tidak perlu memperdebatkan lagi filmya diluar karena itu tidak akan mengubah film tersebut. Tinggal penilaian kita apakah film itu bagus atau tidak. Apakah film itu punya nilai buat kita atau tidak?," ujar Teddy melalui keterangan tertulis, Rabu (13/12/2023).

Dia pun memberikan penilaian terhadap masing-masing capres. Menurut Teddy, capres nomor urut 1 Anies Baswedan jadi karakter yang menyerang, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto jadi karakter orang yang ada adanya, dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo jadi karakter orang yang penuh retorika.

"Tinggal kita sebagai penonton memilih mana karakter yang kita sukai. Yang senang karakter anies, tentu dia akan memilih karakter menyerang. Yang senang karakter Prabowo, dia akan memilih karakter yang apa adanya. Yang senang karakter Ganjar, dia akan memilih karakter retorika," papar dia.

"Jadi memperdebatkan perdebatan itu tidak akan mengubah perdebatan tersebut. Memperdebatkan sebuah film, itu tidak akan mengubah film tersebut. Tinggal biarkan masyarakat memilih karakter mana yang mereka sukai. Bukankah itu tujuan diadakan debat capres-cawapres?," tandas Teddy.

 


Pasca-Debat Perdana Capres 2024, KPU Persilakan Publik Menilai

Tiga Calon Presiden, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan (kiri ke kanan) mengangkat tangan usai debat perdana Pilpres 2024 di halaman Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hasyim Asy’ari mengaku tidak ambil pusing dengan banyaknya tanggapan publik soal penyelenggaraan debat calon presiden (capres) perdana pada Selasa, 12 Desember 2023 malam.

Menurut dia, penilaian atas acara debat capres yang dilangsungkan semalam di Kantor KPU adalah sepenuhnya kewenangan publik.

"Soal debatnya menarik atau tidak, tentu yang bisa menjawab adalah para pemirsa," kata Hasyim kepada awak media seperti dikutip Rabu (13/12/2023).

Hasyim memastikan, suguhan debat capres semalam adalah bentuk usaha terbaik yang sudah dilakukan demi memberikan keyakinan terhadap publik terhadap tiga kandidat yang akan dipilih pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Orisinalitas pertayaan dari masing-masing calon presiden tidak bisa di-setting, tidak bisa diprediksi ditanya apa dan kita mengikuti bersama pertanyaan yang diajukan semuanya lugas oleh masing-masing presiden kepada calon presiden yang lain. Demikian juga ketika menjawab," kata Hasyim.

Terlepas dari dinamika debat, Hasyim berikhtiar, publik dapat menyerap jawaban para capres tadi malam yang bertemakan soal pemerintahan, perlindungan HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi dan penanganan hoaks.

"KPU berikhtiar supaya suasana debat atau perdebatan antar calon presiden terhadap tema yang diusung dikupas oleh masing-masing calon presiden, tentun dengan perspekti dan data dari calon presiden masing-masing," ucap Hasyim Asy'ari menandasi.

 


Debat Capres Berlangsung Selama 150 Menit

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar lima kali debat capres-cawapres pada 12 Desember 2023 hingga 4 Februari 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Diketahui, debat perdana calon presiden 2024 sudah dilangsungkan pada Selasa malam, 12 Desember 2023 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

Debat berjalan selama 150 menit dengan total enam segmen. Pada segmen pertama adalah sesi untuk penajaman visi misi yang disampaikan oleh masing-masing kandidat, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Pada segmen kedua hingga kelima, masing-masing dari kandidat mengambil pertanyaan secara acak yang sudah disusun oleh 11 panelis.

Pada segmen tersebut, para kandidat diperbolehkan saling berinteraksi dan menanggapi jawaban yang disampaikan. Segmen terakhir atau ke enam adalah penutup. Kandidat dipersilakan membuat closing statement.

Infografis Tantangan Debat Terbuka Capres 2024 di Kampus UI. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya