PKB Mendukung Pemilihan Presiden Secara Langsung

Partai Kebangkitan Bangsa mendukung gagasan pemilihan presiden secara langsung. Pemerintahan Megawati Sukarnoputri diminta segera mensosialisasikan gagasan tersebut.

oleh Liputan6 diperbarui 16 Sep 2001, 18:30 WIB
Liputan6.com, Jakarta: Partai Kebangkitan Bangsa menyatakan mendukung gagasan pemilihan presiden secara langsung pada 2004. PKB menilai cara itulah yang sesuai dengan sistem yang dianut negara Republik Indonesia: Presidensil. Penegasan tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal PKB Muhaimin Iskandar beberapa saat setelah mengikuti rapat pimpinan PKB di Kantor Dewan Pimpinan Pusat PKB di Jalan H.R. Rasuna Said Jakarta Selatan, Sabtu (15/9).

Muhaimin menjelaskan, sebaiknya aturan itu segera dituangkan dalam suatu aturan hukum yang mengikat dan pasti. "Jadi bukan hanya sakadar wacana," ungkap Muhaimin. Untuk itu, ia menyarankan, pemerintahan Megawati Sukarnoputri segera mensosialisasikan dan menyiapkan perangkat hukum serta perundangan yang mendukung gagasan tersebut. "Itu kalau memang bangsa Indonesia mau benar-benar keluar dari sistem suksesi yang selama ini dianut pemerintah Orde Baru," kata Muhaimin.(ICH/Tris Wijayanto dan Adi Iskanparandi)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya