Selain Sehat, Makan Rumput Laut Bisa Bikin Langsing

Dalam sebuah studi baru di Inggris disebutkan bahwa mengonsumsi rumput laut bisa membuat bobot tubuh lebih ideal.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 01 Mar 2014, 17:14 WIB

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda pecinta makanan laut, mungkin hal ini bisa jadi referensi Anda saat diet. Bagaimana tidak, dalam sebuah studi baru di Inggris disebutkan bahwa mengonsumsi rumput laut bisa membuat bobot tubuh lebih ideal.

Seperti ditulis Mirror, Sabtu (1/3/2014) pemimpin studi dari University of Newcastle's Institute for Cell and Molecular Biosciences, Professor Jeff Pearson menyampaikan bahwa ia bersama peneliti lain menemukan kandungan alginat pada rumput laut bisa mengurangi lemak dalam tubuh dan melancarkan peredaran makanan dalam usus.

"Kami menyelidiki kemampuan alginat untuk mengurangi lemak oleh enzim pencernaan, lipase pankreas. Kami menemukan bahwa alginat yang mengandung banyak molekul gula yang disebut guluronate yang bisa memblokir lemak," kata Prof Jeff.

Adanya penelitian ini tentu menggembirakan para tim peneliti. Kini, peneliti pun sibuk melakukan uji klinis untuk mengetahui seberapa efektif rumput laut bila dimakan sebagai bagian dari diet.

"Kami akan menyusun daftar rumput laut yang paling berperan dalam membakar lemak dalam tubuh seperti jenis rumput laut cokelat atau dikenal dengan tangle atau cuvie, juga jenis bladderwrack dan bull kelp.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry ini juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan empat kali lipat atau sekitar 75 persen penyerapan lemak pada saat kita mengonsumsi rumput laut.

Peneliti menambahkan, alginat dalam makanan juga bisa mengurangi kadar triasilgliserol (lemak) dalam makanan sehingga tubuh bisa tetap langsing.

(Fit/

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya