SBY Saksikan `Kapal Terbakar` di Selat Sunda

SBY yang mengenakan seragam Basarnas warna oranye sesekali terlihat mengomentari simulasi kapal terbakar.

oleh Sugeng Triono diperbarui 05 Mar 2014, 13:16 WIB
SBY menghadiri peringatan hari jadi Basarnas ke-42 di Dermaga Pelabuhan Indonesia II, Merak, Cilegon, Banten.

Liputan6.com, Banten - Sebuah kapal dengan muatan penumpang yang cukup banyak mengalami kebakaran di perairan Selat Sunda. Besarnya kobaran api membuat sejumlah penumpang yang ada di kapal megah tersebut panik.

Tak lama kemudian, datang sekelompok regu penyelamat yang terjun dari pesawat udara jenis Casa. Satu per satu personel yang turun menggunakan parasut itu pun mulai melakukan evakuasi terhadap penumpang kapal.

Selain itu, bantuan dari kapal rescue boat juga sudah mulai datang untuk memadamkan kobaran api. Kapal dengan kemampuan seperti mobil pemadam kebakaran ini dalam waktu dekat berhasil menjinakkan api yang sebelumnya hampir memakan bagian depan kapal.

Penumpang yang mengalami luka dan perlu perawatan pihak medis kemudian langsung dibawa menggunakan helikopter dan ambulan yang juga sudah siaga sejak tadi.

Untungnya, hal tersebut hanya merupakan simulasi serta demonstrasi yang dilakukan Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam upaya menanggulangi bencana yang terjadi di laut.

Simulasi yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit itu diperagakan oleh tim Basarnas dan Potensi SAR dalam rangka merayakan HUT Basarnas ke-42 di Dermaga PT (Persero) Pelindo II, Merak, Banten, Rabu (5/3/2014).

Perayaan itu juga dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono, serta sejumlah Menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, SBY tampak antusias melihat secara langsung simulasi tersebut dari Kapal baru milik Basarnas, KN Pacitan. Di atas kapal yang memiliki panjang 59 meter itu, SBY yang mengenakan seragam Basarnas warna oranye sesekali terlihat mengomentari simulasi tersebut.

Pada perayaan kali ini, Presiden SBY juga turut meresmikan 2 buah kapal baru milik Basarnas jenis Catamaran. Kapal dengan panjang 59 meter itu diberi nama KN Pacitan dan KN Purworejo.

"Dengan membaca bismillah, 2 kapal SAR dengan resmi saya nyatakan dimulai operasinya," ujar Presiden SBY yang langsung disambut riuh tepuk tangan seluruh anggota Basarnas. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

SBY: Terima Kasih, Basarnas Selalu Terdepan Saat Bencana

SBY Hadiri HUT Ke-42 Basarnas, Resmikan Kapal Pacitan

Presiden Lantik Hakim Suwardi Jadi Wakil Ketua MA

 

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya