500 Konverter Kit BBG Bakal Dipasang di Mobil Dinas

Tahun lalu, kementerian ESDM menyebar setidaknya 2.000 unit konverter kit yang mengubah konsumsi BBM menjadi BBG.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 24 Mar 2014, 15:09 WIB
(Foto: Antara)

Liputan6.com, Jakarta Untuk mendorong penggunaan Bahan Bakar Gas (BBG) pada kendaraan, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal memanfaatkan mobil dinas sebagai bahan percontohan Konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) Ke BBG.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Edy Hermantoro mengatakan, 500 unit  alat pengubah bahan bakar pada kendaraan (konverter kit) akan dibagikan sepanjang tahun ini.

"Ya kita dikasih sedikit, cuma 500 ya, kita mau," kata Edy, dalam Indocbm, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (24/3/2014).

Menurut Edy, ke-500 konverter kit tersebut nantinya akan dibagikan pada sejumlah kendaraan pemerintah. Harapannya, kendaraan pemerintah bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam upaya pelaksanaan program konversi BBM ke BBG.

"Ya namanya orang itu kan nggak bisa langsung, tapi kalau orang pemerintahannya sudah pakai kan ini sebagai percontohan," jelasnya.

Untuk saat ini, proses pengadaan 500 unit konverter kit sudah melalui proses administrasi. Kementerian ESDM kini tinggal melakukan pengadaan alat pengubah konsumsi bahan bakar tersebut.

Alokasi yang disediukan pemerintah kali ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Kementerian ESDM tahun lalu mengaku telah menyalurkan 2 ribu unit konverter kit yang dibagikan ke kendaraan instansi pemerintah. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya