Komnas PA: Omong Kosong Indonesia Zero Anak Jalanan di 2014

Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) mengklaim tahun 2014 Indonesia akan zero anak jalanan. Namun, Komnas PA menyangsikannya.

oleh Kusmiyati diperbarui 25 Mar 2014, 17:00 WIB
Stiker kampanye yang dibagikan pada anak jalanan saat pendataan & penyuluhan oleh Dinsos DKI Jakarta, Kamis (21/1). Pendataan guna melindungi anak jalanan dari kekerasan maupun pelecehan.(Antara)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) mengklaim akan mengurangi jumlah anak jalanan hingga nol persen tahun 2014 .

"Zero anak jalanan itu target kami. Seperti yang dikatakan Mensos Salim Segaf, target itu dibuat agar kita semua lebih optimal lagi mencari solusi untuk anak jalanan dan anak terlantar," kata Direktut Kesejahteraan Sosial Anak Kemensos, Edi Suharto saat ditemui di Panti milik Kemensos dibilangan Cipayung, Jakarta.

Namun menurut Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sitait hal tersebut tidak mungkin terjadi.

"Kalau Indonesia zero anak jalanan itu hanya omong kosong. Jumlah anak jalanan tidak sedikit yakni 420.000 seluruh Indonesia. Upaya sekeras apa pun masih sulit mengatasi ribuan anak tadi," kata Arist saat ditemui Tim Health Liputan6.com di Kantor Komnas PA, Pasar Rebo, Jakarta Utara.

Mencari solusi untuk anak jalanan menurut Arist tidaklah mudah. Kendala terbesar ialah kurangnya komitmen dari berbagai pihak untuk menekan angka anak jalanan di Indonesia.

"Kalau seluruh pihak mulai dari kemensos, kementerian pendidikan, ketenagakerjaan, LSM-LSM dan masyarakat bergandengan tangan mungkin masalah anak jalanan lebih bisa diatasi. Kita semua harus punya komitmen," kata Arist, Selasa (25/4/2014).

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya