Peluang PSM Main di Makassar Tetap Terbuka

Pengelola stadion Andi Matalatta Matoangin berharap PSM bantu pengurusan biaya lampu.

oleh Eky Hendrawan diperbarui 26 Mar 2014, 15:11 WIB
(Istimewa)

Liputan6.com, Makassar: Keinginan pendukung PSM Makassar menyaksikan Ponaryo Astaman dkk bermain di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin bisa terwujud. Kemungkinan tersebut terkuat menyusul adanya upaya pihak Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) untuk berdamai.

Apalagi PT Liga Indonesia (LI) hanya mengajukan tiga syarat buat PSM bila ingin berhomebase di Stadion Andi Mattalatta, yakni kapasitas lampu ditingkatkan, permukaan lapangan rata dan izin pemakaian stadion dari pengelola. Stadion Andi Mattalatta saat ini dikelolah pihak YOSS.

Manajer pengelola stadion Andi Mattalatta, Mirdan Midding mengaku siap melakukan perawatan rumput dengan menghentikan aktifitas pengunaan stadion sementara waktu agar rumput bisa kembali disemai.

"Kalau soal rumput, saya yakin tidak ada masalah. Kami tinggal merawat dan menghentikan pemakaian lapangan untuk sementara waktu," katanya, Rabu (26/3/2014).

Selain rumput, Mirdan juga bersedia memberikan izin penggunaan stadion Andi Mattalatta kepada pihak manajemen PT Pagolona Sulawesi Mandiri (PSM) jika hal tersebut dibutuhkan dan diminta manajemen PSM.

"Begitu pun soal izin. Pasti kami berikan kalau PSM meminta," tambahnya.

Mungkin yang sedikit bermasalah adalah lampu. Menurut Mirdan, sebaiknya kedua belah pihak baik manajemen stadion maupun PSM duduk bersama untuk memenuhi standar lampu yang ditetapkan PT LI yakni 800 lux. Sementara lampu yang dimiliki stadion Andi Mattalatta saat ini hanya 600 lux.

"Biaya yang harus disiapkan untuk lampu berkisar Rp150 juta. Kami berharap manajemen PSM bisa menalangi lampu," tuturnya.

Terkait kompensasi yang akan didapatkan manajemen PSM jika menalangi lampu stadion, pengelola menyebutkan akan menyesuaikan biaya sewa lapangan saat bertanding dan saat latihan. "Kalau menghentikan aktifitas penggunaan lapangan selama perbaikan rumput lapangan, kami juga kehilangan uang puluhan juta pemasukan," tuturnya.

Untuk perawatan rumput, Mirdan mengaku tidak memakan waktu yang lama. Perawatan memakan waktu sebulan sehingga bisa digunakan saat menjamu Persebaya 2 Mei mendatang."Hanya butuh waktu satu bulan mempercantik stadion. Kalau semua berjalan lancar, PSM sudah bisa jamu Persebaya di stadion sendiri," ungkapnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya