Yuk ke Palmanova, Kota Unik Berbentuk Bintang di Italia

Palmanova, kota yang memiliki desain menakjubkan dengan bentuk seperti bintang berujung sembilan.

oleh Aria Sankhyaadi diperbarui 08 Apr 2014, 19:29 WIB
Palmanova, kota yang memiliki desain menakjubkan dengan bentuk seperti bintang berujung sembilan. (Foto: Amusingplanet.com)

Liputan6.com, Italia Selain menara Pisa ternyata Italia memiliki pesona wisata lainnya. Seperti halnya kota Palmanova, kota yang memiliki arsitektur unik di Italia dan memiliki desain yang menakjubkan dengan bentuk seperti bintang berujung sembilan ini dapat menjadi alternatif destinasi wisata Anda.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Selasa (8/4/2014), kota Palmanova yang dirancang oleh Vincenzo Scamozzi tersebut membutuhkan waktu selama 100 tahun untuk mendesainnya dengan bentuk bintang.

Palmanova terletak di timur laut Italia dan berbatasan langsung dengan Negara Slovenia. Palmanova merupakan sebuah kota yang dibangun pada masa Kerajaan Venesia di abad ke-16 dengan tujuan mencegah serangan dari tentara Turki dan Austria.

Foto dok. Liputan6.com

Menariknya adalah kota ini memiliki desain seperti bintang di tengah-tengah kawasan persawahan. Di setiap ujungnya dibangun benteng yang kokoh untuk membuatnya terhubung dengan titik lainnya.

Meski memiliki desain yang menawan namun tak ada satu pun orang yang mau tinggal di kota tersebut karena masa kelamnya yang sering dijadikan benteng peperangan.

Foto dok. Liputan6.com

Foto dok. Liputan6.com

Akhirnya pemerintah Italia mengutus puluhan tahanan untuk tinggal di situ dan diberi beberapa properti rumah. Kini kota Palmanova telah dipadati oleh berbagai penduduk yang kebanyakan bekerja sebagai petani ataupun pengrajin.

Pusat kota Palmanova disebut sebagai Piazza Grande yang memiliki bentuk segi enam sempurna. Kota tersebut dipenuhi dengan berbagai bangunan katedral, museum dan benteng-benteng sejarah lainnya.

Lebih lanjut, kota ini pernah dijadikan sebagai ikon nasional Italia pada tahun 1960 atas perannya menjaga negara saat Perang Dunia.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya