Pefindo Tetapkan Prospek Bank Mayapada Stabil

Pefindo menilai Bank Mayapada mempunyai kemampuan baik untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang.

oleh Liputan6 diperbarui 08 Apr 2014, 18:17 WIB
(Foto: Antara)

Liputan6.com, Jakarta PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idA- dengan prospek stabil kepada PT Bank Mayapada Internasional Tbk (MAYA) untuk periode 28 Maret 2014 sampai dengan 1 April 2015.

Vonny Widjaja, Direktur Pefindo menjelaskan peringkat idA menandakan perseroan mempunyai kemampuan yang lebih baik jika dibanding dengan perusahaan lain untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atau dengan kata lain Bank Mayapada mempunyai kemampuan yang baik untuk membayar utang.

"Namun kemampuan Bank Mayapada mungkin akan terpengaruh oleh perubahan buruk pada keadaan dan kondisi ekonomi,"jelasnya seperti yang tertulis dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Selasa (8/4/2014).

Sedangkan tanda (-) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif lemah dan di bawah rata-rata kategori yang bersangkutan.

Selain itu, Pefindo juga memberikan peringkat idBBB+ untuk obligasi subordinasi III yang diterbitkan oleh Bank Mayapada pada tahun lalu senilai Rp 700 miliar.

Peringkat idBBB menandakan bahwa surat utang yang diterbitkan oleh perseroan mempunyai proteksi yang memadai dibandingkan dengan surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan lain.

Tetapi, kondisi ekonomi yang buruk dapat memperlemah kemampuan perusahaan terhadap kemampuan membayar utangnya.

"Untuk tanda (+) menunjukkan bahwa peringkat surat utang relatif kuat dan di atas rata-rata kategori yang bersangkutan," pungkas Vonny. (Gideon)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya