Terminal Bus di Nigeria Dibom, 71 Orang Tewas

Insiden terjadi saat Terminal Nyanya Motor Park dipenuhi para komuter. Saat jarum jam menunjuk pukul 06.45 waktu setempat.

oleh Elin Yunita Kristanti diperbarui 14 Apr 2014, 20:06 WIB
Insiden terjadi saat Terminal Nyanya Motor Park dipenuhi para komuter. Saat jarum jam menunjuk pukul 06.45 waktu setempat.

Liputan6.com, Abuja Ledakan bom terjadi di sebuah terminal bus di dekat ibukota Nigeria, Abuja pada Senin (14/4/2014). Juru bicara Kepolisian, Frank Mba mengatakan kepada Reuters, sebanyak 71 orang tewas dan 124 lainya terluka akibat insiden tersebut.

"Kami masih merawat orang-orang yang mengalami cidera dan mengumpulkan data," kata  Ishaya Isah Chonoko, koordinator National Emergency Management Agency di Abuja, seperti dikutip dari CNN.

Peristiwa tersebut terjadi saat Terminal Nyanya Motor Park dipenuhi para komuter.

Menurut juru bicara badan penanganan gawat darurat, Manzo Ezekiel, ledakan terjadi pada pukul 06.45 waktu setempat.

Belum ada penjelasan lebih rinci mengenai peristiwa tersebut. Meski tak ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab, sejumlah orang menduga kelompok ekstrem Boko Haram berada di balik pemboman itu.

Aparat keamanan menduga, ledakan berasal dari dalam sebuah kendaraan. "Saya sedang menunggu bus ketika mendengar ledakan memekakkan telinga, kemudian asap membumbung," kata Mimi Daniels, yang lolos dari ledakan dengan luka ringan di lengannya. "Orang-orang berlarian panik."

Jasad-jasad berlumuran darah bergeletakan pascaledakan, saat pasukan keamanan menghalangi kerumunan orang yang ingin masuk area terminal.  Pemadam kebakaran menyemprot bus dan kendaraan yang terbakar. Hangus bersama segala isinya. (Rizki Gunawan)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya