Jacksen Beri Tips Cara Membina Pemain Muda

Jacksen menjelaskan pelatihan usia dini harus dilakukan dengan sabar dan sungguh-sungguh.

oleh Antonius Hermanto diperbarui 03 Mei 2014, 14:59 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F Tiago juga berharap laga melawan Kyrgyzstan ini akan mampu mengasah feeling dan kemampuan agar pemain Timnas Indonesia menjadi lebih agresif (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, berbagi tips cara pembinaan pemain usia muda pada acara Aqua Danone Nations Cup 2014, Sabtu (3/5/2014).  Acara ini  selain diikuti anak-anak,  juga hadir para pelatih klub sepakbola muda yang berhasil menjuarai turnamen yang diadakan di masing-masing daerah.

Menurut Jacksen, pelatihan usia dini memang harus dilakukan dengan sabar dan sungguh-sungguh. "Berhubung yang dilatih adalah anak-anak kecil, mereka masih nurut dan masih dapat dididik dari awal. Jadi saya percaya, sosok pelatih akan sangat berpengaruh di sini," katanya.

Jacksen menambahkan bahwa cara melatih pemain muda sangat berbeda dengan pemain senior. Dikatakan Jacksen, jika melatih anak-anak tugasnya tidak hanya sebagai pelatih, tapi juga harus dapat menjadi sosok orang tua yang memberi dukungan dan bimbingan.

"Mental adalah salah satu contoh yang harus diasah. Karena masa kecil, dewasa, dan tua pasti memiliki mental yang berbeda-beda. Itulah yang harus diasah agar siap sedia setiap saat."

Jacksen kini dipercaya Aqua Danone menangani tim muda Danone. Pada musim 2012/2013 tim Indonesia di bawah asuhan pelatih Timo Scheunemann berhasil menempati urutan ke-8 di Piala Dunia usia 12 Danone di London, Inggris.

Aqua Danone mempercayakan Jacksenuntuk menukangi tim dengan alasan agar ada masukan dan gairah baru dalam permainan tim.

"Kami cukup bangga dan berterima kasih pada coach Timo atas apa yang telah ia raih musim lalu," kata Brand Manager Aqua Danone, Gistang Panutur. "Kini kami memilih Jacksen karena butuh masukan lain agar tercipta permainan yang lebih segar dan prestasi yang lebih baik tentunya."

Sekadar catatan, sebelum melatih Persipura, Jacksen sempat menangani Persebaya Surabaya, Persita Tangerang. Dia juga sempat menukangi tim nasional Indonesia senior di musim 2013.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya