Gol Spektakuler Brienza Kikis Asa Milan

Kekalahan ini membuat peluang Milan tampil di Liga Europa makin tipis.

oleh Defri Saefullah diperbarui 11 Mei 2014, 19:56 WIB
Luuk De Jong ketika bertarung rebut bola dengan Tello Carlos Emilio (AFP PHOTO / OLIVIER MORIN)

Liputan6.com, Atalanta: Milan harus rela menanggung kekalahan ke-12 musim ini ketika takluk 1-2 dari tuan rumah Atalanta pada lanjutan seri A Italia, Minggu (11/5/2014). Gol spektakuler dari pemain pengganti Franco Brienza di menit injury time seakan mengakhiri asa Milan untuk mendapatkan tiket Liga Europa.

Ya, kekalahan ini memang semakin menipiskan harapan Milan untuk ke Eropa. Meski, masih tersisa satu laga lagi, tiket ke Liga Europa seakan makin sulit direbut.

Milan sebenarnya dalam trek positif saat menghadapi Atalanta. Skuat Clarence Seedorf berhasil tak terkalahkan di enam dari tujuh laga terakhir. Sayang, Seedorf seperti tak melakukan apa-apa selain bertahan dengan skema 4-3-1-2 seperti yang dipakainya ketika mengalahkan Inter pekan lalu.

Seedorf hanya melakukan sedikit perubahan di tengah ketika memasukkan Keisuke Honda ketimbang Adel Taarab. Sedangkan Marco Amelia gantikan Abbiati yang terkena sanksi. Sedangkan Atalanta melakukan perubahan total di pertahanan dengan deretan pemain seperti Mario Yepes, Guglielmo Stendardo, Stefano Lucchini.

Sejak kick off, Milan sudah keteteran oleh serangan yang digalang Atalanta. Carlos Carmona membuka peluang untuk Maxi Moralez di menit ke-2. Tapi tembakan Moralez masih melambung di atas mistar gawang.

Sedangkan Milan beberapa kali mendapatkan kesempatan tendangan sudut, tapi tak ada yang mampu menyelesaikan dengan benar. Skor 0-0 pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Milan menampilan Stephan El Shaarawy, striker muda yang sudah absen cukup lama untuk menggantikan Honda. Perubahan ini diharapkan dapat mengubah serangan Milan.

Hanya, gol untuk Milan baru datang di menit ke-51. Ini pun terjadi karena gol bunuh diri Belini. Bek Atalanta ini berusaha memotong umpan Sulley Muntari kepada Mario Balotelli. Sayang, dia malah menceploskan bola ke gawang sendiri.

Di menit ke-65, Atalanta berhasil menyamakan kedudukan lewat titik penalti. Penalti diberikan setelah Constan dinilai melanggar Carmona di kotak penalti. Germain Denis eksekusi penalti dengan baik.

Saat pertandingan seakan bakal berjalan imbang, pemain pengganti Franco Brienza bikin kejutan. Memanfaatkan umpan pendek Migliaccio, tendangan geledek Brienza ke sisi kanan tak mampu dijangkau Amelia. Gol ini pun menjadi penentu kemenangan 2-1 Milan atas Atalanta.

Susunan Pemain

 Atalanta: Consigli; Raimondi, Benalouane, Bellini, Brivio; Baselli/Migliaccio (75), Cigarini, Carmona; Moralez/Brienza (87), Bonaventura/ De Luca (69); Denis


Milan: Amelia; De Sciglio, Rami, Mexes, Constant; Montolivo, De Jong, Muntari/Tarabt (76); Honda/El Shaarawy (46); Kaka/Pazzini (80), Balotelli

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya