Awalnya Membuat Email itu Rumit

Waktu itu ada salah satu dosen yang tidak bisa mengajar karena harus melanjutkan kuliah S2 ke Australia.

oleh Karmin Winarta diperbarui 12 Mei 2014, 18:29 WIB
Waktu itu ada salah satu dosen yang tidak bisa mengajar karena harus melanjutkan kuliah S2 ke Australia.

Citizen6, Jakarta Pertama kali menggunakan internet itu waktu kuliah semester 3  tahun 2000. Waktu itu ada salah satu dosen yang tidak bisa mengajar karena harus melanjutkan kuliah S2 ke Australia.  Agar mahasiswa tak ketinggalan materi kuliah, maka dosen itu menggunakan sistem kuliah via internet tepatnya dengan cara memberi tugas via email.

Karena itu setiap mahasiswa harus punya email untuk menerima tugas serta mengirimkan tugas ke dosen tersebut, maka saya pun membuat email.

Waktu itu belum ada modem ataupun wifi. Untuk mendapatkan koneksi internet masih harus menggunakan router yang disambungkan dari telepon ke komputer dan kost-an saya tidak punya fasilitas itu. Akhirnya saya pergi ke Warung Internet (Warnet) yang tak jauh dari kost-an.

Inget sekali pertama kali menggunakan internet, diajarin sama yang jaga warnet. Bagaimana cara membuka aplikasi enternet (belum ada mozilla atau aplikasi browser lainnya).  Lalu disuruh buka situs yahoo dan klik email. Waktu itu rasanya kok rumit amat ya bikin email aja.

Setelah berhasil bikin email, lalu saya bertanya ke yang jaga, itu yang dipake oleh pengguna sebelah aplikasi apa kok sepertinya seru. Kemudian dikasih tahu kalau itu MIRC, aplikasi chating dimana kita bisa ngobrol dengan siapa saja disana meski gak kenal. 

Tertariklah saya, itung-itung korespondensi via internet . Kemudian saya kembali minta bantuin ajarin yang jaga warnet dan lagi-lagi kok ribet banget ya mau ngobrol via internet, klik ini-itu baru bisa ngobrol.

Selanjutnya saya jadi rajin banget ke warnet cuma buat chating di MIRC (sampai dibilang Ratu chatting sama temen-temen kost-an)  dan makin sering saya jadi makin tahu kalau ternyata membuat dan membuka email  itu sebenarnya mudah, begitu juga cara masuk ke aplikasi MIRC itu tidaklah sulit, cukup masukin user name dan log ke ruang mana langsung bisa chatting.

Pengirim:
Mira Habibah
Twitter: @miragowes

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com.

Mulai Selasa, 9 Mei  2014 sampai dengan 25 Mei 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Pengalaman Pertama Berinternet". Ada 2 router DLink (DIR-605L) untuk 2 orang pemenang  dan 4 merchandise ekslusif dari Liputan6. com. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @DlinkID

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya