Arctic Monkeys Dengarkan David Bowie Sebelum Garap AM

Gitaris Arctic Monkeys, menyatakan bahwa bandnya sering mendengarkan karya-karya David Bowie selama penggarapan album AM.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 12 Mei 2014, 14:50 WIB
Gitaris Arctic Monkeys, menyatakan bahwa bandnya sering mendengarkan karya-karya David Bowie selama penggarapan album AM.

Liputan6.com, London Popularitas grup Arctic Monkeys belakangan ini semakin mencuat seiring dirilisnya album `AM` pada 2013 lalu. Melihat kesuksesannya, tentu ada musisi yang mempengaruhi musikalitas mereka dalam album tersebut.

Dilansir dari NME pada akhir pekan (9/5/2014) lalu Jamie Cook selaku gitaris band, menyatakan bahwa mereka sering mendengarkan karya-karya dari penyanyi senior David Bowie selama penggarapan lagu-lagu di album AM.

Salah satu album David Bowie yang sangat berpengaruh bagi musikalitas Arctic Monkeys selama proses rekaman AM adalah `The Rise And Fall Of Ziggy Stardust And The Spiders From Mars`.

"Saya waktu itu sungguh-sungguh mendengarkan banyak lagu David Bowie saat kami rekaman. Hanya seperti mengunjungi kembali karyanya, terutama `Ziggy Stardust`," ungkapnya kepada pihak majalah RVA.

Dilanjutkan lagi oleh Jamie Cook, "Saya benar-benar menyukainya, saat Anda memeriksanya, itu cukup sempurna menurut saya. Mungkin itu sedikit mempengaruhi saya dengan bagaimana kita menuangkan diri ke dalam rekaman, menyempurnakan setiap detail."

Selain itu Jamie Cook juga berbagi perasaannya ketika AM masuk ke dalam 500 album terbaik versi NME. "Sungguh sangat baik bisa masuk ke daftar NME. Saya tak tahu kalau kami pantas mendapatkannya dan saya masih tidak bisa menutup kepala di peringkat rekaman seperti itu, tapi benar-benar baik untuk dilihat," ujarnya.

Arctic Monkeys merupakan band beraliran indie rock yang dibentuk pada 2002 silam dan terdiri dari Alex Turner (vokal, gitar), Jamie Cook (gitar), Nick O'Malley (bass), dan Matt Helders (drum).

Penjualan album terbaru mereka bertajuk `AM` sudah mencapai lebih dari 600 ribu kopi di Inggris hingga saat ini. Album tersebut juga sukses menjadi yang terlaris kedua secara cepat sepanjang 2013 setelah `Random Access Memories` milik Daft Punk. Saat itu, Daft Punk sukses menjual 165 ribu kopi pada Mei 2013, sementara Arctic Monkeys menjual sebanyak 157 ribu kopi.(Rul/*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya