Nissan Bikin Evalia Bertenaga Listrik di Spanyol

Baterai dari e-NV200 mengadopsi milik saudaranya yaitu Nissan Leaf yang disesuaikan untuk angkutan kargo dari NV200.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 12 Mei 2014, 19:29 WIB
Baterai dari e-NV200 mengadopsi milik saudaranya yaitu Nissan Leaf yang disesuaikan untuk angkutan kargo dari NV200.

Liputan6.com, Barcelona - Nissan mulai memproduksi Multi Purpose Vehicle (MPV) bertenaga listrik pertamanya, yaitu e-NV200 di kota Barcelona, Spanyol. Pabrik milik Nissan di Barcelona ini menjadi satu-satunya pabrik yang memproduksi mobil Nissan bertenaga listrik di seluruh dunia.

NV200 yang di Indonesia dikenal sebagai Nissan Evalia ini memiliki banyak keunggulan yaitu dapat digunakan sebagai taksi, kendaraan penumpang, bahkan kendaraan ringan untuk angkutan barang. Nissan mengucurkan dana sebesar US$ 139 juta atau sekitar Rp 1,6 triliun (Kurs Rp 11.530 per US$) untuk memproduksi e-NV200 di Barcelona, seperti dilansir dari Carscoops, Senin (12/5/2014).

Pihak Nissan mengatakan kalau e-NV200 ini akan diekspor ke 20 negara termasuk Jepang sebagai negara asal dari Nissan. Pengiriman pertama untuk ekspor e-NV200 ini oleh Nissan akan dimulai pada bulan Juni 2014 mendatang.

e-NV200 seluruhnya digerakkan oleh tenaga listrik. Baterai dari e-NV200 mengadopsi milik saudaranya yaitu Nissan Leaf yang disesuaikan untuk angkutan kargo dari NV200. Bila dibandingkan dengan Leaf, baterai Lithium-ion milik e-NV200 ini tidak memakan banyak ruang sehingga mempertahankan dimensi bagasi yang ada.

MPV listrik ini mengusung motor yang mampu menghasilkan tenaga output sebesar 107,2 horse power (HP) yang langsung terintegrasi dengan pengisian baterai dan inverter dalam satu kesatuan. Baterai tersebut dapat menempuh jarak mencapai 170 km sekali isi penuh.

Sistem pengisian baterai dari e-NV200 ini memakan waktu hingga semalaman dari pilihan arus 3.3 kW untuk rumahan, sedangkan bila memakai pilihan arus 6.6 kW dapat mengurangi waktu pengisian hingga empat jam. Untuk pengisian cepat, Nissan membekali e-NV200 pengisian CHAdeMO DC 50 kW yang sanggup mengisi tenaga dari MPV ini sebanyak 80% hanya dalam waktu setengah jam saja.

Sayangnya, pihak Nissan belum mengonfirmasi berapa harga yang dibandrol untuk Evalia versi listrik ini apakah sama atau lebih mahal dibandingkan NV200 konvensional yang telah beredar lebih dahulu. (Ysp/Igw)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya