Berjejaring Sosial itu Seru dan Bermanfaat

Lewat internet, kita dapat menjelajah dan mencari informasi apapun dengan sangat mudah juga cepat

oleh Karmin Winarta diperbarui 24 Mei 2014, 10:03 WIB
Lewat internet, kita dapat menjelajah dan mencari informasi apapun dengan sangat mudah juga cepat

Citizen6, Jakarta Lewat internet, kita dapat menjelajah dan mencari informasi apapun dengan sangat mudah juga cepat, bahkan kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang dari seluruh penjuru dunia lewat sarana ini. Keren banget kan?

Oke langsung aja, berikut pengalaman pertama saya berinternet.

Awal saya mengenal internet yaitu saat masih di SMP, kira-kira sekitar tahun 2009. Pada saat itu, Facebook adalah Website yang paling terkenal dikalangan teman-teman saya. Tentunya saya tidak mau kalah, saya berusaha mencari tahu apa itu Facebook serta bagaimana cara menggunakannya,  saya juga membeli beberapa buku mengenai cara mendaftar Facebook dan sebagainya. Mirisnya, buku-buku yang saya beli tersebut tidak terlalu berguna, hahahaha buang-buang duit aja. Ternyata Facebook tidak serumit yang saya bayangkan, kita hanya perlu mencoba dan mencari tahu sendiri saja. Facebook sangat berguna untuk kehidupan saya sebagai pelajar.

Lewat Facebook atau jejaring sosial, saya dapat dengan mudah berbagi informasi seperti tugas sekolah ataupun berdiskusi pelajaran yang dianggap susah. Selain sebagai sarana komunikasi, kita juga dapat mengisi waktu luang dengan bermain berbagai macam game yang telah di sediakan Facebook.

Selain Facebook, saya juga aktif di jejaring sosial Twitter. Twitter juga tidak kalah bermanfaat, contohnya saja jika ada tugas yang tidak saya mengerti, cukup dengan mengirim mention ke teman dekat atau teman sekelas, tunggu beberapa menit dan mention saya telah terbalas, hahaha.

Jejaring sosial seperti Twitter ini, benar-benar telah menjadi bagian hidup masyarakat terutama para pelajar. Teknologi yang semakin berkembang, membuat kita dengan mudah dapat menerima pemberitahuan berupa Tweet atau Mention serta Direct Massages dari akun Twitter kita lewat gadget seperti Smartphone.

Bahkan beberapa orang tidak menggunakan handphone untuk mengirim atau menerima SMS dan Telfon, melainkan untuk mengakses jejaring sosial untuk berkomunikasi.

Jejaring Sosial memang sangat bermanfaat untuk kehidupan, sampai saat inipun saya masih aktif menggunakan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Kita dapat mengambil banyak nilai positif dari internet, yaitu sebagai sarana komunikasi,  berbisnis dan lain sebagainya. Dengan manfaat yang begitu banyak, tentunya internet juga dapat disalahgunakan. Maka marilah kita jauhi hal-hal negatif dari internet yang menjerumuskan kita dan perbanyaklah memanfaatkan internet untuk hal-hal berguna.

Pengirim:

Hendriawan Pratama
Akun Twitter : @Hendriiiiiiiii_

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com.

Mulai Selasa, 9 Mei  2014 sampai dengan 25 Mei 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Pengalaman Pertama Berinternet". Ada 2 router DLink (DIR-605L) untuk 2 orang pemenang  dan 4 merchandise ekslusif dari Liputan6. com. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @DlinkID

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya