Jembatan Atas Laut Terpanjang RI Bakal Dibangun di Balikpapan

Jembatan tersebut akan menghubungkan kota Balikpapan dengan kota Panajam, dan juga menghubungkan Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

oleh Nurseffi Dwi Wahyuni diperbarui 26 Mei 2014, 15:34 WIB
Rencana pembangunan jalan tol atas laut yang digagas oleh perusahaan-perusahaan BUMN terus didorong agar segera direalisasikan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Waskita Karya bakal membangun  jembatan atas laut terpanjang di Indonesia. Jembatan dengan panjang lebih dari 12 kilometer (km) itu akan dibangun di atas Teluk Balikpapan.

Jembatan tersebut akan menghubungkan kota Balikpapan dengan kota Panajam, dan sekaligus menghubungkan Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

"Jembatan ini panjangnya lebih dari 12 km, akan lebih panjang dari jalan tol di atas laut di Bali," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan seperti dikutip dari Manufacturing Hope, Senin (26/5/2014).

Tak hanya lebih panjang, tingkat kesulitan pembangunan jalan tol atas laut Balikpapan itu juga lebih tinggi karena harus melintasi laut yang lebih dalam. "Harus ada bentang bebas pilar sampai 400 meter. Juga harus ada dua bentang lagi yang panjangnya masing-masing melebihi 200 meter," tutur dia.

Dahlan menuturkan, persiapan perencanaan proyek ini baru dilakukan tiga bulan lalu oleh PT Waskita Karya yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Panajam Paser Utara, Pemerintah Kota Balikpapan, dan Pememerintah Provinsi Kaltim.

Pada pekan lalu, Menteri Pekerjaan Umum sudah mengeluarkan persetujuan untuk Waskita Karya sebagai inisiator proyek ini. Dahlan menargetkan proyek ini bisa dibangun mulai Oktober 2014.

"Tentu, saat itu nanti, saya sudah tidak menjabat menteri lagi. Tapi Gubernur Kaltim, Awang Faroek, akan bisa melakukannya. Jangan sampai molor," jelas Dahlan.  (Ndw)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya