Mahasiswa Kena Penyakit Kronis Akibat Screen Time

Mahasiswa banyak yang terkena penyakit kronis karena terlalu lama di depan layar (screen time).

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 02 Jun 2014, 18:00 WIB
Mahasiswa banyak yang terkena penyakit kronis karena terlalu lama di depan layar (screen time).

Liputan6.com, Jakarta Mahasiswa zaman sekarang tak sedikit yang kecanduan berada di depan layar. Akibat screen time inilah para pemuda yang terkena penyakit kronis. Mulai dari obesitas, diabetes, hipertensi, penyakit jantung, osteoporosis, osteoartritis, hingga kanker.

Demikian yang disampaikan Spesialis Kedokteran Olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr Ade Jeanne D. L. Tobing, Sp.KO, dalam acara Peluncuran Baru Zespri SunGold Kiwifruit di Rumah Ranadi, Jeruk Purut, Jakarta, Senin (2/6/2014).

"Screen time adalah lamanya waktu seseorang melihat layar atau video game atau komputer atau apa pun itu yang berhubungan dengan gadget. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa populasi terbanyak yang melakukan screen time ini adalah mahasiswa," kata Ade Jeanne menjelaskan.

Dalam sehari, kata dokter bertubuh subur ini, para mahasiswa itu mampu menghabiskan screen time selama 5 jam per harinya. Belum lagi ketika mahasiswa itu justru menggunakan waktu istirahatnya untuk memulihkan kondisi tubuhnya untuk melakukan screen time ini.

"Anggaplah saat jam 7 ada diskusi kecil di kelas, lalu masuk ke diskusi besar dijadikan waktu untuk `istirahat`. Ketika jam 12 istirahat, malah digunakan untuk screen time ini," kata dia menerangkan.

Saat pulang dari kampus, yang seharusnya dapat digunakan untuk melakukan aktivitas fisik, malah digunakan juga untuk screen time. Padahal, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, lebih dari 60 persen penyebab kematian di dunia adalah akibat penyakit tidak menular.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya