Ibu Menyusui Belum Tentu Bebas Kanker Payudara

Banyak penelitian menunjukkan ibu yang menyusui berisiko rendah kanker payudara. Tapi, ibu menyusui belum tentu 100 bebas kanker payudara.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 03 Jun 2014, 17:05 WIB
Banyak penelitian menunjukkan ibu yang menyusui berisiko rendah kanker payudara. Tapi, ibu menyusui belum tentu 100 bebas kanker payudara.

Liputan6.com, Jakarta Banyak penelitian yang menunjukkan wanita yang menyusui berisiko rendah terkena kanker payudara. Tapi perlu diingat, wanita yang menyusui secara ekslusif memiliki kemungkinan terkena kanker payudara.

Demikian disampaikan Ahli Bedah Konsultan Payudara RS Mitra Keluarga-Kemayoran, Dr. Alfiah Amiruddin MD, MS saat diskusi kesehatan terkait deteksi dini pada kanker payudara di RS Mitra Keluarga, Kemayoran, Jakarta, Selasa (3/6/2014).

"Menyusui ekslusif tidak menjamin 100 persen wanita tidak terkena kanker payudara. Statistik menunjukkan menyusui bisa menurunkan risikonya tapi nggak sampai 100 persen," kata Alfiah.

Alfiah mengingatkan, penyebab kanker hingga saat ini masih banyak dugaan. Ada yang bilang akibat hormonal, stres, makanan. Ia pun belum bisa mengatakan secara pasti apa sebenarnya penyebab kanker payudara muncul.

"Banyak yang bilang akibat junk food. Tapi kenapa mereka yang tinggal di pedalaman dan jauh dari junk food bisa terkena penyakit ini. Dan sebaliknya, orang di perkotaan yang senang makan junk food juga banyak yang tidak kena. Jangan kampanye hitam," katanya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya