45 Menit Bertemu, Ini Hasil Rapat Bos Besar Newmont dengan CT

CEO Newmont Mining Corporation Gary J. Goldberg mengaku sangat menghargai kesempatan bertemu dengan beberapa menteri, termasuk CT.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 13 Jun 2014, 17:34 WIB
CEO Newmont Mining Gary J. Goldberg

Liputan6.com, Jakarta - Menggelar pertemuan selama 45 menit dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung (CT), Presiden dan CEO Newmont Mining Corporation Gary J. Goldberg dan Presiden Direktur PT Newmont Nusa Tenggara Martiono keluar dengan wajah tenang.

Ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jumat (13/6/2014), Gary mengaku sangat menghargai kesempatan bertemu dengan beberapa menteri pekan ini, termasuk CT.

"Kesempatan ini untuk menyelesaikan masalah yang kami hadapi yang terkait dengan penutupan operasi kami," ujarnya.

Newmont Mining Corporation yang merupakan induk dari Newmont Nusa Tenggara, tambah dia mempunyai keinginan untuk bekerjasama dengan pemerintah Indonesia.

"Kami mendukung kebijakan pemerintah supaya membangun smelter (pabrik pengolahan dan pemurnian mineral). Dan kami mencari solusinya," terang Gary.

Terkait side letter yang harus dibuat perusahaan tambang Newmont soal negosiasi kontrak karya, dia mengaku, masih tengah membicarakan secara detail dengan pemerintah dalam beberapa hari ini.

"Hanya masalah pemahaman mengenai perbedaan-perbedaannya dan kita mencari persamaannya. Kita sedang mengerjakan detailnya dengan pemerintah," ujar dia.

Juru Bicara Newmont Mining Corporation, Ruby Purnomo, menyatakan bakal menggandeng pemerintah untuk menyelesaikan persoalan yang tengah membelit anak usahanya. Mulai dari penutupan tambang Batu Hijau, merumahkan sejumlah karyawannya hingga permintaan revisi bea keluar.

"Kita ingin semuanya selesai agar kita bisa memanggil kembali pekerja dan kontraktor sehingga kita bisa beroperasi kembali dengan normal," tukas dia. (Fik/Ndw)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya