Supercar Pertama Ford Dilego Rp 82,77 M

Ford GT 40 merupakan supercar bermesin tengah pertama buatan Amerika.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 16 Jun 2014, 09:30 WIB
(Foto: Autoblog.com)

Liputan6.com, California - Sebuah supercar merupakan karya seni yang tak lekang oleh zaman. Performa buas dan desain yang eksotis yang dimiliki oleh kendaraan tersebut membuat para kolektor kendaraan rela merogoh koceknya dalam-dalam hanya untuk mendapatkan sebuah supercar sebagai tambahan koleksi di garasi rumahnya.

Nampaknya para pecinta supercar harus bersiap merogoh koceknya lagi, sebab sebuah Ford GT 40 keluaran 1965 yang merupakan supercar pertama buatan Ford akan dilelang pada 15-16 Agustus mendatang di rumah lelang RM Auvtions di Monterey, California, Seperti dilansir dari Autoblog, Minggu (15/6/2014).

Ford GT 40 merupakan supercar bermesin tengah pertama buatan negeri Paman Sam. Pada saat itu, Ford sangat berambisi membuat sebuah supercar yang memiliki kemampuan setara dengan Ferrari yang sangat digandrungi masyarakat di Amerika.

"Ford dan Ferrari berada di tengah salah satu permusuhan yang paling intens dalam dunia balap internasional saat itu. GT40 tahun 1960-an adalah hasil dari deklarasi Henry Ford II saat menyatakan perang kepada Ferrari" kata Shelby Myers, spesialis mobil dari rumah lelang RM Auctions.

Supercar yang akan dilelang ini adalah satu dari empat unit roadster yang diciptakan oleh Ford. Dari keempat unit yang telah diciptakan, hanya Ford GT40 inilah yang tersisa dalam kondisi asli pada saat ini.

Pihak rumah lelang RM Auction memperkirakan kalau Ford GT40 ini memiliki nilai sebesar US$ 7 juta atau sekitar Rp 82,77 miliar (estimasi kurs Rp 11.825 per dolar AS). Harga tersebut tentunya akan terus meningkat saat lelang berlangsung karena mobil ini menjadi buruan para kolektor supercar yang ingin memelihara supercar pertama buatan Amerika. (Ysp/Gdn)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya