Pemkot Bandung Jamin Stok Daging Selama Ramadan Aman

Kebutuhan daging sapi di Kota Bandung setiap harinya mencapai 150 ekor.

oleh Kukuh Saokani diperbarui 27 Jun 2014, 13:31 WIB
Pemerintah menjaga harga daging sapi tak lebih dari Rp.100 ribu/kg. Para pedagang menggantungkan daging sapi yang siap ditawarkan kepada calon pembeli, Pasar Senen, Jakarta, Rabu (25/6/2014) (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, memastikan bahwa stok daging sapi dan ayam selama bulan suci Ramadan bakal aman.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan  Pangan Kota Bandung, Ely Wasiliah menjelaskan, kebutuhan daging sapi di Kota Bandung setiap harinya mencapai 150 ekor namun untuk Ramadan sendiri peningkatan bisa terjadi hingga 100 persen antara 250 ekor hingga 300 ekor.

"Harganya sendiri seperti saran pemerintah ditekan hingga harga di kisaran Rp 90 ribu per kilogram. Harga ini kami usahakan untuk tetap stabil hingga lebaran," ucapnya saat ditemui di Bandung, Jumat (27/6/2014).

Lebih lanjut Ely menuturkan yang menjadi perhatiannya adalah harga daging ayam. Pasalnya, komoditas tersebut saat ini telah menembus harga di kisaran Rp 30 ribu hinga Rp 35 ribu per kilogramnya. Meskipun masih dalam harga aman, namun menurutnya perlu ditambah stok agar tidak terjadi kenaikan harga yang terlalu tinggi.

"Tetapi ini masih aman ada kenaikan harga dari Day Old Chick (DOC). Untuk jumlah sendiri biasanya dibutuhkan per hari 150 ribu hingga 200 ribu ekor ayam, tapi saat puasa bisa sampai 300 ribu hingga 400 ribu ekor ayam," pungkasnya. (Okan Firdaus/Gdn)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya