Rekor Kosta Rika Bikin Pinto Bangga

Kosta Rika berhasil memaksa Robin van Persie dan kawan-kawan bermain hingga adu penalti.

oleh Antonius Hermanto diperbarui 06 Jul 2014, 06:51 WIB
Jorge Luis Pinto, menjadi pelatih Timnas Kosta Rika sejak 2011 lalu. Pria kelahiran San Gil, Kolombia, 16 Desember 1952, berhasil mengantarkan Timnas Kosta Rika lolos ke Perempat Final Piala Dunia 2014. (REUTERS/Dominic Ebenbichler)

Liputan6.com, Salvador: Pelatih Kosta Rika, Jorge Luis Pinto mengaku bangga dengan penampilan timnya di ajang Piala Dunia. Pasalnya tampil sebagai tim yang tidak diunggulkan, Kosta Rika justru mampu tampil memukau hingga mencapai babak perempat final.

Tergabung di grup D bersama tim-tim kuat seperti Italia, Uruguay, dan Inggris membuat Kosta Rika tidak diunggulkan. Akan tetapi di luar dugaan Kosta Rika justru mampu menjadi pemuncak klasemen grup D.

Skuat asuhan Luis Pinto ini pun berhasil meraih dua kemenangan atas Uruguay dan Italia serta hanya bermain imbang dengan Inggris di fase grup.

Memasuki babak 16 besar, Kosta Rika berhasil mengalahkan wakil Eropa, Yunani melalui drama adu penalti. Mereka pun berhak lolos ke babak 8 besar dan berhadapan dengan Belanda.

Saat berhadapan dengan Tim Oranje, Kosta Rika berhasil memaksa Robin van Persie dan kawan-kawan bermain hingga adu penalti. Akan tetapi Kosta Rika harus menyerah 3-4 di drama adu penalti tersebut.

Seperti dilansir Football-Italia (6/7), dengan hasil ini, Kosta Rika belum pernah sekalipun mengecap kekalahan di 90 menit waktu normal pertandingan. Sang pelatih pun cukup bangga dengan hasil ini.

"Kami bangga meski kami bukan tim kuat di dunia. Kami lakukan apa yang kami punya, kami pulang ke rumah tanpa terkalahkan di Piala Dunia," ucapnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya