TPS Keren Ini Bernuansa Piala Dunia Brasilia

Agar para warga mau menggunakan hak pilihnya, juga ada undian bagi warga yang sudah mencoblos.

oleh Fajar Abrori diperbarui 09 Jul 2014, 11:20 WIB
TPS unik. (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

Liputan6.com, Yogyakarta - Beragam cara digunakan untuk memeriahkan pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) yang jatuh pada Rabu ini. Seperti yang dilakukan oleh warga Nayu RT 02, RW 30, Dukuhan, Nayu, Kadipiro, Solo dengan membuat TPS keren berkonsep Brasilia.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (9/7/2014), TPS itu diwarnai dengan dekorasi-dekorasi yang identik dengan negeri Samba yang menjadi penyelenggara Piala Dunia 2014. Pernak-pernik itu seperti gambar bendera Brasil. Tak ketinggalan ada juga bola sepak dan jersey Brasil yang bergelantungan.

Satu hal yang sangat menarik dari konsep itu adalah seragam para petugas KPPS. Mereka bukannya mengenakan kemeja batik, tetapi menggunakan kaos jersey Brasil kuning terang dengan list hijau, celana sepakbola putih, dan kaos kaki biru.

Foto dok. Liputan6.com

Tak hanya menggunakan dekorasi unik, TPS ini juga menawarkan konsep tak biasa. Agar para warga mau menggunakan hak pilihnya, diberikan juga undian bagi yang sudah mencoblos. Hadiah undian pun sebatas kebutuhan rumah tangga. Seperti sabun dan sampo.

Dwi Prasetyo, salah satu anggota KPPS menjelaskan TPS Brasil ini sengaja didesain agar warga mau menggunakan hak pilihnya alias tidak golput. Kebetulan saat ini sedang digelar Piala Dunia, maka warga pun mendekorasinya dengan ornamen khas negara dari pesepakbola Neymar itu.

"Konsep seperti ini sengaja dipilih, biar warga antusias untuk mencoblos dan menggunakan hak pilihnya. Jadi bisa menekan angka golput. Berdasarkan pengalaman Pileg kemarin dengan TPS Piala Dunia ternyata bisa juga menekan angka golput, " jelas Dwi. (Sss)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya