Survei JSI: Prabowo 50,3%, Jokowi 49,7%

Dari perhitungan sementara, pasangan Prabowo-Hatta mendapat 50,3 persen. Sedangkan Jokowi-JK mendapat 49,7 persen.

oleh Taufiqurrohman diperbarui 09 Jul 2014, 20:30 WIB
Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan Suara Indonesia (JSI) melansir hasil hitung cepat capres-cawapres. Dari hasil hitung cepat sementara itu menyebutkan Prabowo-Hatta mengungguli Jokowi-JK.

"Dari perhitungan sementara, pasangan Prabowo-Hatta mendapat 50,3 persen. Sedangkan Jokowi-JK mendapat 49,7 persen," kata Wakil Direktur Eksekutif JSI Fajar S Tamin melalui pesan tertulis kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (9/7/2014).

Fajar mengatakan kemenangan ini berdasarkan data sementara yang sudah masuk. Hingga sore ini data yang sudah masuk ke JSI sekitar 90 persen.

Untuk hitung cepat JSI mengambil sampel 2.000 TPS dari total 478.833 TPS di seluruh Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan menyebar dengan proporsional. Margin error dalam perhitungan cepat ini sekitar 1 persen.

Menurut Fajar, perolehan suara masih bisa berubah, mengingat margin error hanya sektar 1 persen, serta data yang belum sepenuhnya masuk. Dia menambahkan, sisa 10 persen yang belum masih diperkirakan masih bisa menaikkan perolehan suara keduanya sekitar 1-2 persen.

Namun Fajar memprediksi perbedaan suara pada kedua pasangan tidak akan signifikan. Untuk itu ia mengatakan lebih baik semua menunggu hasil keputusan KPU. "Perubahan pemenang bisa terjadi. Sebaiknya menunggu data real dari KPU," jelas Fajar. (Sss)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya