Sys NS Beri Perhatian Pada Masa Depan Mantan Atlet

Kehidupan para mantan atlet di Indonesia begitu memprihatinkan. Mulai kurangnya kesejahteraan hingga hidup dibawah garis kemiskinan.

oleh Hernowo Anggie diperbarui 11 Jul 2014, 12:30 WIB
"Kalau ditanya siapa orangnya yang mampu membenahi bangsa, Jokowi cocok, cocoknya cocok banget," tutur Sys NS.

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan para mantan atlet di Indonesia begitu memprihatinkan. Mulai kurangnya kesejahteraan hingga hidup dibawah garis kemiskinan merupakan realita nyata yang terlihat pada sosok pahlawan bangsa di dunia olahraga.

"Kehidupan para mantan atlet itu seperti nggak tersentuh, padahal jasa mereka mengharumkan nama bangsa sudah nggak terhitung lagi. Luar biasa banyaknya," ucap Sys NS saat ditemui disela-sela buka puasa bersama Yayasan Olahraga Indonesia bersama mantan atlet dan anak-anak yatim piatu di Jakarta, baru-baru ini.

Perhatian pemerintah, dikatakan Sys, terhadap kehidupan para atlet masih minim. "Fasilitas yang diberikan pemerintah bagi para atlet selalu kurang, misal mantan atlet dapat uang, itu langsung diserbu debt collector karena hutangnya banyak," kata Sys mencontohkan.

"Mereka dipuja-puja waktu juara, begitu nggak juara lagi dilepeh. Salahnya di mana, manajemen. Harusnya ada manajemen yang mengatur keuangan mereka, kesejahteraan mereka supaya pas pensiun nggak hidup memprihatinkan," pinta Sys.

Hal yang sama diutarakan pesinetron Ferry Ardiansyah. Ia setuju jika pemerintah ikut memberikan kontribusi bagi kehidupan para atlet saat menjalani masa pensiun.  

"Lembaga yang dikelola pemerintah tidak cukup memberikan effort yang cukup baik untuk para atlet. Mudah-mudahan mereka semua mau mendengar dan melihat fakta ini supaya para atlet tak lagi hidup susah di saat mereka pensiun dan selesai memberikan prestasi terbaik untuk bangsa Indonesia," tutup dia.(Gie/Mer) 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya