Ini Dia, Dua Juara Mobil Paling Aman di Dunia

Pengujian tingkat keamanan yang dilakukan IIHS melalui beberapa proses yang didasarkan pada berbagai jenis kecelakaan yang kerap terjadi.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 11 Agu 2014, 18:30 WIB
Pengujian tingkat keamanan yang dilakukan oleh IIHS melalui beberapa proses yang didasarkan pada posisi kecelakaan yang kerap terjadi.

Liputan6.com, California - Belum lama, IIHS (Insurance Institute of Highway Safety), selaku otoritas keselamatan di Amerika Serikat (AS) telah menobatkan Subaru BRZ sebagai mobil dengan tingkat keamanan teratas. Lewat serangkaian pengujian, varian Jepang itu kembali didaulat dengan predikat teraman.

Melansir laman Topspeed, Jumat (8/8/2014), pengujian keamanan oleh IIHS melalui beberapa tahapan. Ujian tersebut antara lain, tabrakan samping, depan, dan tabrakan pada bagian belakang. Turut diuji tekanan pada atap, serta pengujian rangka saat tertindih. Dikatakan, pengujian ini merupakan simulasi kecelakaan kendaraan yang umum terjadi di dunia nyata.

Diraihnya gelar mobil dengan tingkat keamanan teratas bukanlah 'barang' baru bagi Subaru. Sebelumnya, enam model lain yang turut diproduksi oleh anak perusahaan Fuji Heavy Industries itu juga sukses meraih predikat serupa.

Tak hanya Subaru BRZ, saudara serumpunnya, yaitu Toyota Scion FR-S turut meraih gelar serupa, dengan peringkat keamana yang setingkat di bawah Subaru BRZ.

Sebagai pertimbangan, IIHS juga mengapresiasi keputusan Subaru untuk menyematkan fitur penggerak roda belakang pada kendaraan mereka. Dengan ini, Subaru BRZ mampu meminimalisir dampak tabrakan dari arah depan.

Dinobatkannya Toyota Scion FR-S sebagai salah satu kendaraan teraman bak angin segar bagi Toyota. Sebelumnya, raksasa Jepang itu memiliki catatan buruk di Departemen Transportasi Amerika perihal tingkat keamanan kendaraan.

Kini, selain menyandang peringkat keamanan tertinggi, sportcar Jepang tersebut boleh berbangga karena turut dikenal sebagai kendaraan dengan performa meyakinkan kala dipacu.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya