Jadi Negara Maju, RI Harus Bertumpu ke Sektor Industri

Idealnya untuk menjadi negara maju sektor industri mesti menyumbang sebanyak 40 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

oleh Achmad Dwi Afriyadi diperbarui 19 Agu 2014, 15:01 WIB
(FOTO:Antara)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian MS Hidayat menyatakan agar Indonesia menjadi negara maju mesti bertumpu pada sektor industri. Idealnya untuk menjadi negara maju sektor industri mesti menyumbang sebanyak 40 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Akan tetapi, jelas dia sampai saat ini sektor ini masih menyumbang sedikit dari PDB sehingga sampai saat ini Indonesia masih jauh dalam kategori negara maju.

"Yang ideal kontribusi industri, migas non migas 40 persen, sekarang kita 20 persen," ujarnya di Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Dia mengatakan, sektor industri pernah menyumbang sebanyak 30 persen pada masa Orde Baru. Hal itu yang sedang dikejar oleh Kementerian Perindustrian.

"Pernah kita capai 30 persen di Orde Baru. Kita sedang menuju ke sana," lanjutnya.

Imbuhnya dia, untuk mengejar hal tersebut diperlukan sebuah langkah strategis. Antara lain dengan perbaikan pada infrastruktur,  perbaikan dari peraturan finansial dari Kementerian Keuangan.

"Harus dibuat satu paket kebijakan dan kita menjadi negara industri," tutup dia. (Amd/Ndw)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya