Amankah Cukur Rambut Wajah Tanpa Menggunakan Air?

Mencukur rambut wajah tanpa menggunakan air memang lebih simple, tapi amankah teknik tersebut?

oleh Bio In God Bless diperbarui 09 Sep 2014, 12:35 WIB

Liputan6.com, Jakarta Bercukur adalah hal lumrah yang dilakukan para pria untuk dapat tampil dengan wajah yang lebih rapi. Anda para pria, bagaimana biasanya Anda bercukur? Dengan air atau tanpa air?

Bercukur tanpa membasuh wajah dengan air terlebih dahulu memang lebih simple. Akan tetapi, amankah teknik mencukur tersebut? Adakah cara simple dan aman dalam mencukur rambut wajah?

Berikut ini adalah penjelasan mengenai 2 teknik bercukur yang disampaikan oleh Leo Embo, Trainer MAXX Salon by Rudi Hadisuwarno, pada peluncuran pencukur Rave Ultimate 5, Senin (8/9/2014), di Sinou Kaffe Housen.

Dry Shave. Teknik dry shave adalah teknik mencukur tanpa membasuh kulit wajah dengan air terlebih dahulu. Dry shave tidak disarankan karena bila wajah tak dibasuh air, kulit wajah masih keras dan pori-porinya kecil sehingga mempersulit proses pencukuran dan bisa menyebabkan luka serta iritasi.

Wet Shave. Berkebalikan dengan dry shave, dalam teknik wet shave ini, wajah dibasuh dengan air sebelum bercukur. Setelah dibasuh, gunakan foam untuk memperlicin kulit guna mempermudah proses cukur dan mencegah luka. Setelah bercukur, gunakan lotion atau gel sebagai after treatment. Cara ini memang sedikit lebih rumit tapi juga lebih aman.

Teknik wet shave ini juga bisa dilakukan tanpa menggunakan foam asalkan menggunakan pencukur khusus yang dapat menggantikan fungsi foam. Rave Ultimate 5 adalah pencukur yang dilengkapi dengan ekstrak Aloe Vera (lidah buaya) yang berfungsi untuk melicinkan kulit saat bercukur.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya