Tips Kebugaran Jasmani untuk Lansia

Kebugaran jasmani penting untuk semua orang, termasuk para lansia.

oleh Rio Apinino diperbarui 14 Okt 2014, 13:01 WIB
Lansia juga perlu kebugaran jasmani agar mencegah dari berbagai penyakit akibat umur.

Liputan6.com, Jakarta Latihan kebugaran jasmani sangat berguna bagi kesehatan Anda. Selain terhindar dari risiko penyakit jantung, kebugaran jasmani juga berguna untuk menurunkan berat badan, mencegah diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko kanker. Kebugaran jasmani ini juga berguna bagi para lansia agar tetap sehat.

Bagi para lansia, kebugaran jasmani dapat mencegah banyak masalah kesehatan yang datang karena faktor usia. Tidak melakukan aktivitas fisik sama sekali akan berdampak buruk bagi kesehatan mereka. Berikut tips yang bisa dilakukan para lansia di atas 65 tahun untuk tetap menjaga kebugaran jasmani seperti dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, Selasa (14/10/2014).

Waktu Olahraga

Waktu olahraga yang disarankan bagi para lansia adalah 150 menit atau dua jam 30 menit tiap minggu untuk aerobik dengan intensitas sedang seperti jalan cepat. Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, para ahli merekomendasikan para lansia untuk aerobik dengan intensitas sedang seperti jalan cepat dan jogging sebanyak 5 jam atau 300 menit.


Perkuat Otot

Perkuat Otot

Selain jalan cepat dan jogging, para lansia juga disarankan untuk melatih otot mereka agar tetap menjaga dari kehilangan otot seiring bertambahnya usia.

Kegiatan yang dapat dilakukan lansia diantaranya adalah angkat beban atau sit up. Lakukan hal tersebut selama 8-12 kali. Untuk hasil yang maksimal, lakukan sebanyak dua atau tiga kali.

Selain itu, untuk melatih otot para lansia juga dapat melakukannya dengan kegiatan berkebun seperti mencangkul dan menyekop.

Itulah beberapa tips kebugaran jasmani untuk lansia. Bagi Anda yang memiliki ayah dan ibu yang telah tua, silakan ajak mereka berlatih.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya