Trik Sederhana Hemat Bahan Bakar Ala Nissan

Pengemudi disarankan untuk mengemudikan kendaraan dengan bijaksana dan melakukan pemeriksaan berkala kondisi kendaraannya.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 08 Nov 2014, 07:09 WIB
Kebijakan ini dilatarbelakangi turunnya kuota subsidi BBM di APBN-P 2014 dari 48 juta kiloliter menjadi 46 juta kiloliter, Senin (4/8/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kenaikan harga BBM bersubsidi jenis premium diprediksi semakin dekat. Hal ini menuntut para pengguna kendaraan, terutama roda empat untuk semakin terampil menyiasati situasi. Pasalnya, bukan tak mungkin bahan bakar bakal terbuang percuma.

Tanpa perlu menggunakan aditif, General Manager Marketing Strategy, Communications and Product Planning PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Budi Nur Mukmin, memberi kiat-kiat khusus kepada para pengguna mobil di Indonesia agar roda empat tersebut tetap dalam performa terbaik dan irit BBM.

"Kepada para pengguna kendaraan disarankan untuk mengemudikan kendaraan dengan bijaksana, merujuk kepada eco drive habit (tidak agresif saat mengemudi. Hindari jalan-jalan yang kerap berpotensi terjadi kemacetan jika memungkinkan," paparnya kepada Liputan6.com.

Lebih lanjut, ia menyarankan jika memang harus melalui rute yang biasanya dipadati kemacetan, usahakan atur waktu yang tepat agar saat melalui jalan tersebut tak terjebak dalam kondisi jam padat. Sebagai alternatif, pengemudi diharapkan memiliki rute lain dalam upaya menghindari kondisi jalan macet.

Lain-lain, di tengah kondisi lalu lintas kota besar Tanah Air yang semakin padat dan sering terjadi kemacetan, tentu menuntut performa mesin mobil yang terus prima.

Untuk menjaga kondisi mobil agar tetap dalam performa terbaik, Budi pun mengimbau kepada para pemilik mobil untuk melakukan pemeriksaan berkala kondisi kendaraannya secara tertib.

"Komponen mobil yang sering bekerja keras diupayakan untuk diperiksa secara berkala seperti contohnya tekanan ban dan mengganti oli pada waktunya," tutupnya. (Ysp/Des)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya