Dana Subsidi Bisa untuk Gelar 3 Kali Piala Dunia

Saat ini Rp 276 triliun anggaran APBN 2014 disalurkan ke subsidi di 5 sektor, salah satunya untuk BBM.

oleh Oscar Ferri diperbarui 11 Nov 2014, 17:28 WIB
Salah satu SPBU di Jakarta Utara tampak memasang papan bertuliskan "kuota solar subsidi hari ini habis", Jakarta,(29/8/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) masih menjadi perdebatan. Banyak yang pro dan kontra terkait keinginan pemerintah itu.

Anggota DPR Fraksi Partai Hanura, Fauzi Amroh menilai, saat ini Rp 276 triliun anggaran APBN 2014 disalurkan ke subsidi di 5 sektor. Salah satunya untuk subsidi BBM.

"APBN kita menyubsidi untuk sekitar 5 item," ujar Fauzi dalam diskusi di Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (11/11/2014).

Fauzi mengibaratkan, seandainya dana subisidi itu dicabut, maka Indonesia sudah bisa menyelenggarakan 3 kali Piala Dunia.

Sebab, Brazil, tuan rumah Piala Dunia 2014 menghabiskan dana sekitar Rp 100 triliun untuk menyelenggarakan pesta akbar sepakbola sejagat itu.

"Kita bayangkan, kalau kita tidak subsidi, mungkin kita bisa menyelenggarakan 3 kali Piala Dunia. Piala Dunia di Brazil itu kurang lebih Rp 100 triliun. Dengan megah begitu. Nah kita bisa menggelar Piala Dunia 3 kali itu, kalau tidak menyubsidi," ujar Fauzi. (Oscar/Nrm)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya