Indonesia Tanpa Wakil Tersisa di China Open Super Series Premier

Sebelumnya para pemain unggulan seperti Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Tommy Sugiarto sudah terhenti.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 14 Nov 2014, 23:26 WIB
Ganda Campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Humas PP PBSI)

Liputan6.com, Fuzhou - Kandas sudah harapan Indonesia untuk meraih gelar di ajang China Open Super Series Premier 2014. Dua wakil tersisa yakni pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir dan pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari harus angkat koper setelah dikalahkan wakil tuan rumah.

Tontowi/Liliyana yang merupakan juara bertahan, tak dapat melewati rintangan Zheng Si Wei/Chen Qingchen, 18-21, 15-21. Tontowi/Liliyana yang ada di unggulan keempat harus memupuskan ambisi mereka untuk mempertahankan gelar juara di turnamen berhadiah total 700 ribu dollar AS ini.

“Performa kami hari ini memang kurang bagus. Sebaliknya, Zheng punya kualitas permainan yang bagus. Sedangkan Chen sebetulnya biasa-biasa saja, cuma dia berani. Pasangan ini juga tampil tanpa beban,” ujar Liliyana yang bersama Tontowi minggu lalu menjadi juara di French Open Super Series 2014.

Sementara itu, Greysia/Nitya gagal mengulang sukses di Asian Games 2014 saat menaklukkan pasangan emas Olimpiade London 2012, Tian Qing/Zhao Yunlei. Kali ini Tian/Zhao yang merupakan unggulan kedua, tampil memukau di depan publik mereka sendiri dan mengalahkan Greysia/Nitya dengan skor 21-14, 21-17.

“Kami merasa kecolongan strategi. Kalau berhadapan dengan lawan yang selevel, apalagi dari Tiongkok, memang tidak boleh kecolongan strategi awal,” ujar Greysia.

“Di awal kami mau inisiatif menyerang tapi justru kena serangan balik. Pada pertemuan sebelumnya kami menang karena inisiatif menyerang lebih dulu. Namun sekarang keadaan berbeda dan kami kurang cermat menguasai keadaan," ujarnya menambahkan.

Dengan hasil ini, maka Indonesia belum berhasil mengirim wakil ke babak empat besar. Sebelumnya para pemain unggulan seperti Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Tommy Sugiarto sudah terhenti. Dua wakil ganda campuran, Riky Widianto/Richi Puspita Dili dan Praveen Jordan/Debby Susanto juga belum berhasil melaju.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya